Tingkatkan Kapasitas SDM Desa, BCA Gelar Pelatihan Team Building di Sijunjung dan Silokek

Penulis: Isran Bastian

Sijunjung, Padangkita.com – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui Corporate Social Responsibility (CSR) menggelar “pelatihan team building bagi pengurus desa” di Desa Wisata Kampung Adat Sijunjung dan Nagari Silokek, Sumatera Barat pada 14-15 November.

Komisaris BCA Cyrillus Harinowo Harinowo mengungkapkan, saat ini CSR BCA memiliki fokus untuk membina dan mengembangkan kapasitas SDM desa dan komunitas binaan, dengan melaksanakan beragam pelatihan dan pendampingan.

Dia menjelaskan, rangkaian pelatihan pengurus desa wisata ini bertujuan untuk menunjang peningkatan mutu kualitas dari pelayanan pengurus guna memberikan nilai tambah bagi wisatawan yang datang berkunjung.

“Pelatihan ini kami gelar dengan harapan agar para pengurus desa dapat menciptakan kolaborasi anggota tim dengan baik, serta memahami struktur organisasi termasuk memahami peran pemimpin agar dapat mencapai tujuan bersama,” katanya saat menjadi pembicara pelatihan di Sijunjung, Selasa (14/11/2022).

Dia melanjutkan, dengan adanya kolaborasi yang baik antar sesama pengurus, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan meningkatkan kreativitas antar elemen desa wisata agar semakin unggul kedepannya.

Menurut dia, elemen desa wisata tidak hanya sekedar potensi alamnya saja, namun di dalamnya juga terdapat SDM yang pengembangan potensi dan kapabilitasnya juga harus selalu ditingkatkan, agar ke depannya desa-desa wisata di Indonesia dapat semakin kuat dengan didukung dengan sumber daya manusia yang terus maju.

Oleh sebab itu, Corporate Social Responsibility (CSR) BCA senantiasa berkomitmen memberikan pendampingan yang berkelanjutan bagi pengurus desa wisata di Indonesia melalui program Bakti BCA.

“Semoga pelatihan ini dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi para pengurus Desa Wisata Kampung Adat Sijunjung dan Nagari Silokek. Sebagai tambahan, saya berharap pelatihan ini dapat memberikan nilai tambah bagi dua desa wisata ini agar menjadi salah satu yang terdepan di Sumatera Barat dan Indonesia baik dari segi keindahan alam maupun SDM-nya,” kata Harinowo.

Sementara itu, Bupati Sijunjung Dwifa Yuswir yang ikut hadir mengapresiasi kepedulian BCA terhadap pengembangan SDM di desa wisata. Dia berharap Desa Silokek akan makin dikenal dan menjadi salah satu tujuan wisata favorite di Sumbar.

Baca Juga: Soal Resesi dan Potensi Ekonomi 2023 Sumbar, Ini Kata Pakar

Pelatihan tersebut turut dihadiri Kepala BCA KCU Padang Robert Siahaan, VP CSR BCA Ira Bachtar, Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung Zefnihan, dan Kepala Dinas Parpora Sijunjung Afrineldi. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist