Tim Terpadu Temukan Masih Banyak Pelanggar Protokol Kesehatan di Tanah Datar

Penulis: Agg

Berita Tanah Datar hari ini, berita Sumbar hari ini dan berita Virus Corona (Covid-19) hari ini: Masih banyak pelanggar prokes di Tanah Datar.

Batusangkar, Padangkita.com – Pandemi Covid-19 sudah sekitar satu tahun menyebar di negara ini. Sudah sangat banyak yang dirawat, dan sebagian meninggal dunia.

Namun kesadaran masyarakat mematuhi Protokol Kesehatan (prokes) di Tanah Datar masih belum meningkat. Ini terlihat dengan banyaknya pedagang dan pengunjung pasar yang tidak memakai masker.

Selain itu juga masih banyak pelaku usaha yang belum menyediakan tempat cuci tangan, termasuk imbauan kepada pengunjung untuk memakai masker dan mencuci tangan sebelum masuk lokasi usaha.

Demikian temuan Tim Gakkum Terpadu Perda Provinsi Sumbar Nomor 6 tahun 2020 Tanah Datar dalam beberapa operasi. Kasi Penegakan Perda Satpol PP Tanah Datar Elfiardi mengatakan, dalam operasi di kawasan perdagangan Pasar Bawah Batusangkar, Terminal Jati, dan Jalan Tengah Kota Batusangkar pada Senin, (15/2/2021), masih banyak warga yang melanggar protkes.

“Untuk operasi pada Senin kemarin kita dapati sebanyak 51 orang pribadi ditambah pelaku usaha sebanyak 7 orang. Totalnya 58 orang,” ucap Elfiardi, Selasa (16/2/2021).

Dalam operasi atau razia protkes yang dimulai pukul 9.00 hingga pukul 12.00 WIB itu, tigam gabungan terdiri atas Satpol PP 10 orang, Polres Tanah Datar 10 orang, dan Kodim 0307 Tanah Datar 1 orang.

“Yang menjadi sasaran operasi kali ini adalah orang pribadi dan pedagang atau pelaku usaha yang melanggar Perda Sumbar 6/2020 tentang AKB (adaptasi kebiasaan baru),” sebutnya.

Kepada pelanggar personal diberikan sanksi kerja sosial membersihkan fasilitas umum dengan memakai rompi bertuliskan “Pelanggar Protokol Kesehatan”. Mereka juga dicatatkan dalam aplikasi “Sipelada”.

Baca juga: 137 Pelanggar Prokes di Tanah Datar Disanksi Sosial Selama Libur Panjang Akhir Pekan

“Pelaku usaha diberi pembinaan dan teguran untuk melengkapi sarana protkesnya hingga 3 hari,” tukasnya. [pkt]


Baca berita Tanah Datar hari ini, berita Sumbar hari ini dan berita Virus Corona (Covid-19) hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist