Tiga Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Pilih Daftar Hari Terakhir, Ada yang Mau Datang Malam

Berita Padang terbaru dan berita Pilkada Sumbar terbaru: Tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatra Barat (Sumbar) akan melakukan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar pada Minggu (6/9/2020).

Padang, Padangkita.com – Tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatra Barat (Sumbar) akan melakukan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar pada Minggu (6/9/2020). Tiga pasangan calon tersebut yaitu Mulyadi-Ali Mukhni, Nasrul Abit-Indra Catri, dan Fakhrizal-Genius Umar.

“Ya, pada Minggu besok, ada tiga pasangan calon yang daftar, yaitu Mulyadi-Ali Mukhni, Nasrul Abit-Indra Catri, dan Fakhrizal-Genius Umar,” ujar Ketua KPU Sumbar, Amnasmen saat dihubungi Padangkita.com via telepon, Sabtu (5/9/2020).

Dia menuturkan pasangan Mulyadi-Ali Mukhni awalnya direncanakan mendaftar pada hari ini. Namun, pihak dari pasangan calon mengonfirmasi pendaftaran dilakukan besok hari.

“Besok, ada Mulyadi-Ali Mukhni daftar pukul 14.00 siang. Kalau Nasrul Abit-Indra Catri, berdasarkan konfirmasi LO (liaison officer/penghubung), mendaftar mungkin pukul 16.00 sore. Sementara, Fakhrizal-Genius Umar daftar pukul 20.00 malam,” jelasnya.

Amnasmen menyampaikan jadwal tersebut bisa saja berubah. Namun, kata dia, pada hari terakhir tersebut, pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar ditutup pukul 00.00 WIB.

Baca Juga: Pendaftaran Mahyeldi-Audy Beres, Semua Berkas Lengkap Tinggal Tes Kesehatan 7 September

Sebelumnya diberitakan pasangan Mulyadi-Ali Mukhni akan melakukan pendaftaran pada hari ini. Sementara, pasangan Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy telah melakukan pendaftaran dan berkas mereka telah dinyatakan lengkap oleh KPU pada hari pendaftaran pertama.

Sudah dapat dipastikan, ada empat pasangan calon yang melakukan pendaftaran ke KPU Sumbar. Berdasarkan catatan Padangkita.com, empat pasangan calon tersebut ada yang diusung oleh satu atau gabungan partai politik yang memiliki jumlah kursi di DPRD melebihi ambang batas yang telah diatur oleh undang-undang.

Mahyeldi-Audy diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang memiliki total 14 kursi di DPRD. Kemudian, Nasrul Abit-Indra Catri diusung Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang memiliki 14 kursi di DPRD.

Lalu, Mulyadi-Ali Mukhni diusung Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang memiliki total 23 kursi di DPRD.

Berikutnya, Fakhrizal-Genius Umar diusung Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang memiliki total kursi 14 di DPRD. Sementara, syarat untuk mengusung pasangan calon minimal 13 kursi, atau 20 persen dari 75 kursi di DPRD Sumbar. [fru/pkt]


Baca berita Padang terbaru dan berita Pilkada Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com