Tiang dan Trafo Ditimpa Pohon Tumbang di Pasbar, Listrik Padam hingga Pasaman

Penulis: Redaksi

Simpang Empat, Padangkita.com – Angin kencang yang disertai puting beliung di Kabupaten Pasaman barat (Pasbar), telah menyebabkan terganggunya jaringan listrik.

Beberapa kawasan, di antaranta di Kecamatan Pasaman mengalami pemadaman listrik sejak Sabtu (28/5/2022) sore.

Sejauh ini, penyebabnya diketahui adanya trafo dan tiang listrik yang tumbang akibat ditimpa pohon.

Manajer PLN Cabang Simpang Empat, Dito Nusa Putra kepada Padangkita.com menyampaikan terjadinya pemadaman diakibatkan adanya tiang listrik dan trafo yang tumbang akibat tertimpa pohon tumbang.

“Untuk di daerah Jalur 32 Simpang Empat ada trafo kita jatuh akibat terbawa pohon tumbang, tepatnya di daerah Koto Alam Padang Tujuh, Nagari Aua Kuniang, Kecamatan Pasaman,” kata Dito saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Sabtu (28/5/2022) malam.

Ia menyampaikan banyak titik jaringan listrik yang terkena imbas akibat angin kencang dari siang sampai sore hari tadi. Akibatnya beberapa lokasi ikut terdampak (pemadaman), yang tersebar sampai ke Kecamatan Dua Koto dan Kecamatan Malampah, Kabupaten Pasaman.

“Beberapa wilayah yang terdampak seperti Jalur 32, Padang Tujuh, Simpang Timbo Abu, Andilan, dan Silaping di Kecamatan Ranah Batahan,” ujarnya.

Khusus jaringan di Jalur 32, kata dia, masih progres melokalisir gangguan dan dilanjutkan dengan penormalan.

“Kita upayakan semaksimal mungkin semuanya bisa diselesaikan malam ini. Namun jika tidak memungkinkan dengan mempertimbangkan ketersediaan material, faktor keselamatan petugas di lapangan, maka akan dilanjutkan besok hari,” sebutnya.

Baca juga: Sejumlah Rumah dan Huntara di Pasbar Rusak Berat Akibat Diterjang Angin Puting Beliung

Pihaknya mengimbau masyarakat agar segera melapor kepada petugas jika melihat penyebab-penyebab putusnya aliran listrik, seperti pohon tumbang, dahan pohon yang mengenai jaringan ataupun binatang, agar proses penormalan bisa lebih cepat dieksekusi. [rom/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist