Sejumlah Rumah dan Huntara di Pasbar Rusak Berat Akibat Diterjang Angin Puting Beliung

Penulis: Redaksi

Simpang Empat, Padangkita.com – Sejumlah rumah dan hunian sementara  atau huntara di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) rusak akibat diterjang angin puting beliung, Sabtu (28/5/2022) siang.

Diketahui, ada dua titik lokasi yang terdampak akibat kejadian ini, yaitu di Jorong Tanjung Beruang dan Jorong Pasa Lamo.

“Dampak dari kejadian ini sementara ada sekitar lima unit rumah dan beberapa huntara yang atapnya diterbangkan angin saat terjadinya angin puting beliung siang tadi,” kata Sekretaris Nagari Kajai, Oki Novrizal kepada Padangkita.com melalui pesan WhatsApp, Sabtu (28/5/2022) sore.

Selain itu, kata dia, sejumlah rumah warga juga mengalami rusak sedang hingga berat dan tidak lagi bisa ditempati.

“Kita dari pemerintahan nagari sudah melakukan pemantauan ke lapangan dan kita imbau masyarakat untuk tetap waspada dan tetap tenang,” ujarnya.

Selain atap rumah yang diterbangkan angin, ada juga rumah warga yang tertimpa pohon kelapa sawit yang tumbang di Kampung Pasir Jorong Rimbo Batu. Akibatnya, rumah tersebut rusak parah.

Dihubungi terpisah, Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasbar, Azhar mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap cuaca ekstrem yang belakangan ini sering terjadi.

“Cuaca ekstrem yang belakangan sering terjadi seperti angin kencang dan hujan lebat agar tetap kita waspadai. Hindari berlindung di bawah pohon besar yang rentan patah dan tumbang,” imbaunya.

Selain itu, bagi masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya air bah akibat hujan lebat.

Baca juga: PMI Sumbar Tenggat Pembangunan Huntara Korban Gempa Rampung Sebelum Takbiran

“Tim Reaksi Cepat BPBD selalu siap sedia apabila sewaktu-waktu dibutuhkan. Mari tetap waspada dan kita berdoa agar kita semua dijauhkan dari segala bentuk bencana dan mara bahaya,” doanya. [rom/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist