Ternyata Usulan Usmar Ismail Jadi Pahlawan Nasional Bukan dari Sumbar

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Sutradara film Arif Malinmudo mengapresiasi pemerintah yang menganugerahkan Pahlawan Nasional kepada Usmar Ismail pada Hari Pahlawan tahun ini.

Ia menyebut Usmar Ismail diusulkan sebagai Pahlawan Nasional oleh DKI Jakarta, bukan Sumatra Barat (Sumbar).

“Meski usulannya tidak datang dari Sumbar, kita tidak perlu kecewa. Artinya, warga DKI Jakarta juga merasa memiliki Usmar Ismail,” kata Arif kepada Padangkita.com, Rabu (10/10/2021) malam.

Ia menjelaskan, Usmar memang banyak berkarya dan menghabiskan waktu di Jakarta.

“Ia diberi gelar Warga Teladan DKI Jakarta. Namanya juga diabadikan pada pusat perfilman di sana, yakni Pusat Perfilman Usmar Ismail,” jelasnya.

Menurut Arif, langkah DKI Jakarta mengusulkan Usmar Ismail dapat dilihat positif. Apalagi, kata dia, pemberian gelar Pahlawan Nasional oleh pemerintah saat ini mengutamakan pemerataan kedaerahan.

“Negara kira berpikir Pahlawan Nasional harus merata di setiap daerah. Jika diusulkan dari Sumbar, antrean untuk Usmar Ismail tentu akan lama,” paparnya.

Baca juga: Sosok dan Kiprah Usmar Ismail, Pahlawan Nasional dari Bukittinggi Sumatra Barat

Catatan Padangkita.com, selama Jokowi menjabat sebagai Presiden RI, hanya ada satu usulan Pahlawan Nasional dari Sumbar yang diterima, yakni Roehana Koeddoes pada tahun 2019. [den/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist