Termasuk Tol Padang-Pekanbaru, Sejumlah Terowongan Tol Akan Menembus Bukit Barisan

Penulis: Isran Bastian

Padang, Padangkita.com – Jalan Tol Padang – Pekanbaru dan Tol Palembang – Bengkulu, juga sama-sama dirancang menggunakan terowongan untuk menembus Bukit Barisan di Pulau Sumatera.

“Kalau tol Trans Sumatera dari Bengkulu ke Palembang dan Padang ke Pekanbaru, itu pasti lewat bukit Barisan,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam keterangan resminya, dikutip Padangkita.com, Sabtu (2/4/2022).

Dia juga menuturkan, biaya investasi pembangunan tol ini cukup tinggi, mencapai Rp 78 triliun. Hal ini dikarenakan, disamping panjang jalan yang mencapai 244 kilometer, tol ini juga harus dibangun lima terowongan dengan total panjang mencapai 8,95 kilometer, untuk menembus pegunungan Bukit Barisan.

Diketahui, Bukit Barisan merupakan perbukitan yang sangat luas. Perbukitan ini membentang dari Provinsi Lampung hingga Aceh, sebagai pangkal dan ujung pulau berjuluk Andalas tersebut.

Baca Juga:Pembebasan Lahan Tol Padang-Sicincin Terus Dikebut, Begini Progresnya

Sementara tol Linggau – Curup – Bengkulu sepanjang 95 km yang dibangun sebagai koridor pendukung Palembang – Bengkulu juga akan memiliki terowongan karena masih harus menembus daerah Bukit Barisan. [isr]

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist