Termasuk Festival Tabuik, Pemko Pariaman Siapkan 77 Event Besar Tahun Ini

Penulis: Isran Bastian

Pariaman, Padangkita.com – Walikota Pariaman, Genius umar lakukan Soft Launching 77 CoE ( Calender of Event) Kota Pariaman Festival Tahun 2022, Rabu (16/2/2022). Peluncuran pra-perdana ini dilaksanakan di depan pimpinan redaksi media se-Sumatera Barat (Sumbar), bertempat di Balairung rumah dinas walikota. 

Sepanjang tahun ini, Pemko Pariaman bakal menyajikan 77 event yang akan menghiasi kota tersebut. Untuk Launching-nya sendiri dilaksanakan di Kampar, Provinsi Riau pada tanggal 18 Februari 2022 mendatang. 

“Kita optimis event pada tahun ini mampu meningkatkan geliat ekonomi pada sektor pariwisata Kota Pariaman,” ujar Genius.

Setelah soft launching ini Walikota berharap, dengan CoE Kota Pariaman Festival 2022, kiranya juga dapat menarik para investor untuk melakukan investasi di sektor pariwisata, agar pembangunan pariwisata yang berkelanjutan terlaksana dengan baik.

“Kota Pariaman saat ini menjelma menjadi destinasi wisata di wilayah Regional Sumatera, bahkan Indonesia, karena itu, perlu penambahan infrastruktur yang dapat menambah minat wisatawan untuk berkunjung ke Kota Pariaman, salah satunya peran investor,” ujarnya.

Genius Umar menjelaskan, terdapat tiga event besar yang bakal menjadi unggulan, seperti Festival Hoyak Tabuik, Silek on The Sea dan Festival Indang. Khusus Festival Hoyak Tabuik yang rencana diselenggarakan tanggal 14 Agustus 2022, masuk tahap verifikasi 200 besar Event nasional atau KEN (Kharisma Event Nusantara) 2022.

“Selain dari 3 event unggulan tersebut, lebih dari 70 event lainnya adalah event-event yang berasal dari kelompok masyarakat, OPD, Kelompok Sadar Wisata dan Komunitas yang tumbuh dan berkembang di Kota Pariaman. Kita mendorong OPD, Pokdarwis, serta komunitas kreatif yang ada di Kota Pariaman untuk ambil bagian dalam Pariaman Festival 2022,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono menyatakan kesiapan pariwisata Pariaman untuk menyambut wisatawan yang bakal hadir di semua event tersebut. 

“Kita pastikan bahwa Pariaman siap menerima wisatawan domestik dan mancanegara. Selain itu, event yang menjadi magnet orang datang dan umpan untuk memancing wisatawan ini, kita juga akan memastikan sarana dan prasarana penunjang pariwisata siap untuk digunakan,” pungkas dia. 

Baca Juga : Pemko Pariaman Ajukan Proposal Pembangunan ke PUPR, Termasuk Wisata Terpadu Ma’ruf Amin  

Marhen juga menuturkan, Pemko optimis target 2 juta wisatawan pada tahun 2022 dapat terealisasi, tentunya dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan dan vaksinasi bagi wisatawan yang akan berkunjung. [*/isr]

Terpopuler

Add New Playlist