Terinspirasi dari Polresta Padang, Mahyeldi akan Jadikan Sumbar ‘Zero Criminal’

Penulis: Fuadi Zikri

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Angka kriminalitas di Kota Padang kian menurun

Padang, Padangkita.com – Angka kriminalitas di Kota Padang kian menurun. Berdasarkan data Polresta, penurunan angka kriminalitas yang paling signifikan adalah kasus 3 C, yaitu pencuri dengan pemberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas), dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

Kapolresta Padang, Kombes Pol Imran Amir melalui Kasat Reskrim Polresta Padang, Kompol Rico Fernanda mengatakan, dibanding bulan Januari 2020, pada Januari 2021 ini laporan 3 C yang masuk ke Mapolresta Padang menurun drastis.

Laporan Curanmor pada Januari 2020 mencapai 100 lebih, sementara pada Januari 2021, laporan yang masuk hanya tiga kasus.

Dari tiga kasus itu pun, kata Rico, satu kasus telah terungkap, sedangkan dua kasus lagi dalam pengungkapan. “Begitu juga dengan Curat, dan Curas. Penurunannya jauh sekali,” ujar Rico di Mapolresta Padang, Jumat (19/2/2021).

Rico menyebutkan, pihaknya saat ini memang bekerja keras untuk memberantas kasus 3 C tersebut guna memjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat di Kota Padang dengan segera mengungkap dan menangkap para pelaku.

“Ini sesuai juga dengan ‘tagline’ Kapolresta kita yang menginginkan Kota Padang menuju ‘zero criminal’,” ucap Rico.

Mengapresiasi kerja keras Polresta Padang, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah pun datang ke Mapolresta Padang pada Jumat (19/2/2021) sore.

“Kita silaturahim dengan Pak Kapolresta. Alhamdulillah kita mendapat informasi semua kegiatan yang dilakukan oleh Polresta Padang sangat luar biasa,” ujar Mahyeldi di Mapolresta.

Mahyeldi mengatakan, berkat kerja keras Kapolresta Padang dengan jajarannya, telah mampu menekan angka kriminal di Padang.

Sebelumnya, menurutnya angka kriminal di Kota Padang memang cukup tinggi. Berkat kerja keras itu, Kota Padang pun menjadi relatif aman dan nyaman.

Menurut Mahyeldi yang juga Gubernur Sumbar terpilih ini, berkat kegigihan mencapai tagline tersebut, penyelenggaraan Pilkada di Kota Padang berjalan lancar dan kondusif.

Mahyeldi mengungkapkan, ia sebagai gubernur terpilih dalam Pilgub Sumbar 2020, akan membawa motifasi tersebut ke tingkat Sumbar guna menuju “Sumbar Zero Criminal” juga.

“Kita terapkan di tingkat Sumbar, ya tentulah, itulah makanya kita melakukan silaturahmi dengan beliau, kemarin tim Klewang yang datang ke saya, kita sangat apresiasi,” sebutnya.

Sementara itu, Kapolresta Padang Kombes Pol Imran Amir mengatakan, pertemuan ini merupakan silaturahim dengan Wali Kota Padang Mahyeldi.

“Kami tadi berkoordinasi dengan beliau, bagaimana penataan Kota Padang, terkait zero criminal ini,” kata Imran.

Menurutnya Imran, angka kriminal di Kota Padang selama kepemimpinan Wali Kota Mahyeldi turun drastis. Hal itu, berkat kerja sama pemerintahan dengan pihak kepolisian.

“Ini karena dukungan Pemko Padang kepada kami dalam rangka penegakan hukum dan penuntasan kasus hukum di Kota Padang,” terangnya.

Baca Juga: Telah Berulang Kali Kabel Lampu Lalu Lintas di Kota Padang Dicuri, Kali Ini di Perempatan Masjid Raya

Dalam kesempatan itu, Imran pun mengucapkan selamat kepada Mahyeldi yang terpilih sebagai Gubernur dalam Pilgub 2020 serta telah ditetapkan oleh KPU Sumbar. [pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist