Telah Berulang Kali Kabel Lampu Lalu Lintas di Kota Padang Dicuri, Kali Ini di Perempatan Masjid Raya

Penulis: Fuadi Zikri

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Kabel lampu lalu lintas di perempatan jalan Masjid Raya Sumbar dicuri

Padang, Padangkita.com – Lampu lalu lintas atau traffic light di perempatan jalan Masjid Raya Sumatra Barat (Sumbar) kembali tidak aktif. Penyebabnya, ternyata ada yang mencuri kabel lampu lalu lintas tersebut.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, Dian Fakhri. Kata dia, lampu lalu lintas itu dilaporkan mati pada Jumat (19/2/2021) pagi.

“Iya benar, sepertinya dicuri. Awalnya ada laporan kalau lampu lalu lintas di sana mati, pas kita lihat memang mati dan kemungkinan besar dicuri kabelnya,” kata Dian kepada Padangkita.com, Jumat (19/2/2021).

Pantauan Padangkita.com di lokasi, Jumat (19/2/2021) siang, lampu lalu lintas yang mati tersebut berada di ruas Jalan Ahmad Dahlan. Sementara dari ruas jalan lainnya masih menyala seperti biasa.

Baik dari arah Jalan Raden Saleh, Jalan Khatib Sulaiman, maupun dari arah Jalan Rasuna Said.

Di lokasi, terlihat kabel yang menghubungkan arus ke lampu lalu lintas dari arah Jalan Ahmad Dahlan tersebut telah putus.

Tampak ada bekas potongan pada kabel tersebut. Saat ditelusuri, ada tiga titik kabel lampu lalu lintas tersebut dipotong. Para pelaku memotong kabel tersebut tepat pada kabel yang terlihat karena melintasi aliran sanitasi jalan.

Pelaku juga memecahkan pipa paralon yang menutupi kabel tersebut, kemudian baru memotongnya.

Di lokasi, polisi lalu lintas harus mengatur kendaraan yang datang dari ruas Jalan Ahmad Dahlan tersebut. Seperti layaknya lampu lalu lintas, polisi tersebut memberhentikan kendaraan saat lampu menunjukkan warna hijau dari lampu lalu lintas lainnya secara bergilir.

Sementara itu, Dian Fakhri mengatakan, pihaknya dengan segera akan memperbaiki lampu lalu lintas tersebut agar dapat berfungsi kembali seperti biasanya.

Dia mengaku, pihaknya juga telah mengecek ke lokasi dan membuat laporan di Mapolresta Padang terkait peristiwa ini.

“Ini sudah jelas dicuri, ada bekas potongan di sana, sepertinya baru saja dicuri. Tadi tim saya sudah membuat laporan di Polresta, mudah-mudahan pencurinya dapat segera ditangkap polisi, karena ini sudah sangat meresahkan,” kata Dian.

Perlu diketahui, aksi pencurian kabel lampu lalu lintas ini juga pernah terjadi pada Agustus dan Desember 2020 lalu. Kejadian itu tercatat terjadi di pertigaan Jalan Sawahan-Jalan Perintis Kemerdekaan-Jalan H Agus Salim.

Baca Juga: Pencurian Kabel Lampu Merah Marak di Padang, Traffic Light di Sawahan Kembali Tak Berfungsi

Hingga saat ini, belum terungkap siapa yang telah mencuri kabel lampu lalu lintas tersebut. [pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist