Terima SK Penetapan Gubernur dan Wagub Sumbar Terpilih, DPRD Paripurna Selasa, Ini Proses hingga Pelantikan

Penulis: Fuadi Zikri

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: DPRD Sumbar telah menerima berita acara dan Surat Keputusan (SK) penetapan pasangan Gubernur/Wakil Gubernur terpilih dari KPU Sumbar

Padang, Padangkita.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatra Barat (Sumbar) telah menerima berita acara dan Surat Keputusan (SK) penetapan pasangan Gubernur/Wakil Gubernur terpilih dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar.

Ketua DPRD Sumbar, Supardi saat dihubungi Padangkita.com mengatakan, pihak telah menerima berita acara dan SK tersebut dari KPU Sumbar sekitar pukul 11.00 WIB, Jumat (19/2/2021).

“Iya, sudah diantarkan langsung oleh KPU Sumbar tadi ke DPRD Sumbar sebelum Salat Jumat tadi,” kata Supardi melalui sambungan telepon, Jumat (19/2/2021).

Diketahui, KPU Sumbar menetapkan pasangan Mahyeldi Ansharullah dan Audy Joinaldi sebagai pasangan Gubernur/Wakil Gubernur terpilih dalam Pilgub 2020. Penetapan dituangkan dalam SK Nomor: 36/PL.02.7-BA/13/KPU-Prov/II/2021.

Pleno penetapan pasangan terpilih dilaksanakan di Hotel Grand Inna Muara, Padang Jumat (19/2/2021) pagi. Pada pleno, pasangan Mahyeldi-Audy memperoleh suara terbanyak dengan perolehan 726.853 suara atau 32,4 persen dari seluruh suara sah.

Supardi mengatakan, setelah menerima berita acara dan SK tersebut, Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Sumbar akan melakukan rapat untuk mengagendakan rapat paripurna guna menindaklanjuti penetapan tersebut.

“DPRD Senin besok (22/2/2021) akan mengagendakan di Bamus dahulu, setelah itu, hari Selasa (23/2/2021) kita akan paripurna,” terang Supardi.

Supardi menyebutkan, DPRD melakukan paripurna untuk mengumumkan kepada masyarakat, bahwa Mahyeldi-Audy merupakan pasangan terpilih dalam Pilgub 2020.

“Setelah paripurna baru kita kirim ke Kemendagri, bisa hari itu juga atau besoknya,” ucap Supardi.

Ia menambahkan setelah dikirim Kemendagri, DPRD akan menunggu jadwal pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur baru tersebut.

“Jadwal pelantikannya di Kemendagri, nanti yang melantik kan presiden,” katanya.

Baca Juga: Soal Perolehan Suara Pilgub Sumbar, Ketua Tim Pemenangan NA-IC: Penghitungan Suara Masih Kita Kawal

Supardi mengucapkan terima kasih kepada KPU Sumbar serta semua pihak yang telah melaksanakan pemilihan kepala daerah. Supardi berharap sinergisitas antara Gubernur terpilih dengan DPRD Sumbar guna membangun Sumbar lebih baik kedepannya. [pkt]


Baca berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist