Soal Perolehan Suara Pilgub Sumbar, Ketua Tim Pemenangan NA-IC: Penghitungan Suara Masih Kita Kawal

Penulis: Redaksi
|
Editor: Zulfikar

Padang, Padangkita.com – Ketua Tim Pemenangan Pasangan Nasrul Abit-Indra Catri, Supardi menyebutkan bahwa hingga saat ini timnya masih mengawal penghitungan suara di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat (Sumbar).

Terkait hasil siapa yang memperoleh suara terbanyak, kata Supardi, ia tidak mau berspekulasi lebih jauh.

Bahkan, untuk harapan kemenangan, Supardi juga belum bisa memutuskan, karena secara data, ia mengaku belum bisa melihatnya dan tim, katanya, masih menunggu proses penghitungan suara oleh KPU.

“Kami percayakan sepenuhnya rekapitulasi di tingkat Kecamatan dan kabupaten atau kota, kami percaya penghitungan suara dilakukan secara profesional,” ujar Supardi kepada Padangkita.com, Selasa (15/12/2020).

Bahkan, jelas Supardi, hingga saat timnya masih menempatkan saksi di masing-masing lokasi penghitungan suara di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar.

“Setelah selesai penghitungan, baru bisa kita lihat angka pasti yang didapat masing-masing pasangan, berapa untuk NA-IC dan berapa suara untuk pasangan lain, saya belum bisa komentar lebih jauh,” ungkapnya.

Sementara, untuk penghitungan suara di internal Gerindra, kata Supardi, masih belum selesai dihitung.

Ketika ditanya apakah akan ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), Supardi mengatakan hal itu belum diputuskan.

“Masih terlalu pagi untuk memutuskan hal itu sekarang,” paparnya.

Lebih lanjut, terkait ucapan Nasrul Abit yang menyatakan perang belum usai, Supardi enggan untuk mengomentari.

“Kami masih menunggu proses penghitungan di kecamatan. Kami lihat dalu, kami tidak bisa mengada-ada juga,” katanya.

Berdasarkan data perolehan suara dari situs pilkada2020.kpu.go.id, pasangan yang memperoleh suara tertinggi yaitu Mahyeldi-Audy. Pasangan itu memperoleh sebanyak 640.207 suara atau 32,8 persen.

Baca juga: Sirekap KPU 75,60 Persen, Ini Selisih Perolehan Suara Mahyeldi-Audy dan Nasrul Abit-Indra Catri

Sementara, pasangan Nasrul Abit-Indra Catri memperoleh sebanyak 594.357 suara atau 30,4 persen. Selisih suara antara pasangan Mahyeldi-Audy dan NA-IC yaitu sebanyak 45.850 suara.

Kemudian, perolehan suara untuk pasangan Mulyadi-Ali Mukhni sebanyak 521.948 suara atau 26,7 persen dan pasangan Fakhrizal-Genius Umar memperoleh sebanyak 195.612 suara atau 10,0 persen. [ad/zfk]


Baca berita Sumbar terbaru dan berita Pilkada Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist