Temui Doni Monardo Saat Berkunjung ke Sumbar, Bupati Hamsuardi Serahkan Proposal Penanggulangan Bencana untuk Pasbar

Penulis: Ahmad Romi
|
Editor: Zulfikar

Berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini: Pemkab Pasaman Barat mengajukan proposal penanggulangan bencana ke BNPB.

Simpang Empat, Padangkita.com – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mengajukan proposal permohonan penanggulangan bencana kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Kamis (15/4/2021).

Proposal itu diserahkan langsung Bupati Pasbar, Hamsuardi kepada Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo saat menghadiri pertemuan di Painan sekaligus peninjauan proyek penanganan abrasi pantai Padang.

Bupati Pasbar, Hamsuardi kepada Padangkita.com mengatakan, pengajuan proposal itu merupakan salah satu bukti bahwa Pasbar serius dalam upaya penanggulangan bencana yang selama ini cukup menyusahkan masyarakat.

“Walaupun hal ini baru sekedar pengusulan, tentu kita berharap permohonan kita ini dikabulkan. Tentu ini akan terus kita kawal supaya apa yang kita harapkan dapat terwujud,” ujar Hamsuardi, Kamis (15/4/2021).

Adanya proposal ke BNPB itu, Hamsuardi sangat berharap diakomodir dan direalisasikan tahun depan.

Hamsuardi menjelaskan, dalam proposal itu, ada tiga usulan yang diusulkan ke BNPB, yaitu penanggulangan banjir Batang Pasaman, Kecamatan Pasaman, penanggulangan banjir Koto Sawah, Kecamatan Lembah Melintang dan penanggulangan abrasi di Pantai Maligi, Kecamatan Sasak Ranah Pasisia.

“Daerah yang kita usulkan ini selalu banjir apabila turun hujan dengan intensitas tinggi sehingga banyak masyarakat yang terdampak. Kita berharap tahun depan hal ini sudah bisa terealisasi,” ungkapnya.

Menurut Hamsuardi, hal ini dilakukannya karena mengingat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sangat terbatas, sehingga tidak akan terakomodir oleh dana daerah.

Baca juga: Musrenbang RKPD 2022 Pasaman Barat, Bupati Minta OPD Maksimalkan Anggaran yang Terbatas

“Anggaran penganan bencana itu tidak sedikit, butuh ratusan miliar dan APBD tidak sanggup membiayai. Untuk itu, kita berjuang bersama-sama memenuhi harapan rakyat. Mohon doa seluruh masyarakat,” kata Hamsuardi. [zfk]


Baca berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler