Tangkapan Ikan Nelayan Kota Pariaman Membaik, Tahun 2020 Capai 6.218,5 Ton

Penulis: Redaksi

Berita Pariaman hari ini dan berita Sumbar hari ini: Tangkapan ikan nelayan di tahun 2020, meningkat dibandingkan tahun 2019

Pariaman, Padangkita.com– Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan mencatat grafik hasil tangkapan ikan nelayan di Kota Pariaman tahun 2020 meningkat.

Hal itu dibuktikan produksi tangkapan ikan sebanyak 6.218,5 ton di tahun 2020, meningkat dibandingkan tahun 2019 yang hanya 6.013, 50 ton.

“Dengan membaiknya hasil tangkapan ikan tersebut erat kaitanya dengan peningkatan pangan ikan dan geliat  ekonomi nelayan,” kata Cithra Aditur Bahri, Kepala Bidang Perikanan, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Rabu (6/01/2020).

Peningkatan itu terjadi selain semangat nelayan yang tinggi, modernisasi alat tangkap yang dilakukan serta pertambahan armada.

Ditambahkan Cithra, Pemko Pariaman melalui APBD dan DAK terus berupaya mendorong nelayan untuk tingkatkan produksi tangkap ikan melalui bantuan kapal dan alat tangkap serta mengeluarkan asuransi jiwa bagi nelayan.

“Seperti tahun 2020 lalu, 16 unit bantuan kapal, 14 unit mesin tempel dari 8 PK sampai 40 PK dan alat tangkap ikan berupa jaring 8 paket,” terangnya.

Selama ini sebelum dilakukan modernisasi peralatan kapal daya jelajah nelayan terbatas karena terbatasnya sarana dan prasarana pendukung, sudah jauh, sudah 4 mil ke atas.

Ikan-ikan tangkapan beragam ada tongkol dan serai serta banyak lagi yang lain untuk mengisi permintaan pasar.

Disebutkan, nelayan merupakan bagian ujung tombak kontribusi dalam peningkatan pangan masyarakat tentulah harus terus berbenah, agar hasil tangkapannya tetap maksimal dan ketersediaan pangan tercukupi. [*/rna]


Baca berita Kota Pariaman hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist