Taman Bunga Puncak Tonang dan Kebun Jeruk Pak Bambang Bersiap Untuk ‘Visit Beautiful West Sumatra’

Penulis: Redaksi

Lubuk Sikaping, Padangkita.com – Sumatra Barat (Sumbar) punya memang punya banyak potensi pariwisata yang tersebar di 19 kabupaten dan kota. Di Pasaman, misalnya, ada Taman Bunga Puncak Tonang, yang bisa disebut mirip taman bunga Keukenhof di Belanda.

Tak jauh dari taman bunga yang berada di Nagari Sundata, Kecamatan Lubuk Sikaping juga terdapat ‘Kebun Jeruk Pak Bambang’. Di kawasan agrowisata ini sebetulnya, pengunjung tidak saja bisa memetik jeruk, tetapi juga ada strawberry.

Sebelum pandemik Covid-19, objek wisata ini cukup ramai dikunjungi. Bahkan, menjadi salah satu daya Tarik wisatawan berkunjung ke Pasaman.

Wagub Sumbar Audy Joinaldy memtik strawberry di ‘Kebun Jeruk Pak Bambang’. [Foto: Diskominfotik Sumbar]
Keindahan Taman Bunga Puncak Tonang dan Kebun Jeruk Pak Bambang terungkap ketika dikunjungi Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, beserta Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS, Selasa (15/2/22).

Kunjungan ini merupakan peninjauan potensi pariwisata Pasaman jelang ‘Visit Beautiful West Sumatra 2023’, sekaligus untuk program kebangkitan pariwisata nasional.

Wagub Audy menyebutkan, Taman Bunga Puncak Tonang dan Kebun Jeruk Pak Bambang memiliki potensi wisata yang luar biasa. Cuma, kata dia, kawasan ini perlu dibenahi terlebih dahulu.

Peninjauan kali ini, kata Audy, guna mengambil ancang-ancang untuk mengembalikan kedua objek wisata ini pada performa terbaiknya. Jika sudah dibenahi, maka kedua objek wisata tersebut akan melengkapi Taman Ekuator di Bonjol yang juga segera dibangun.

“Potensi wisata di sini luar biasa, udaranya segar dan tamannya indah, tinggal kita lengkapi paket-paket beberapa fasilitas penunjang lainnya, pengunjung bisa merasa seperti di Belanda,” ujar Wagub Audy dalam diskusinya bersama pengelola Taman Bunga, Jon Meri.

Menyambut positif upaya pemerintah dalam membangkitkan kembali sektor pariwisata, pengelola kedua destinasi tersebut juga tampak bersemangat menyampaikan rencana-rencana pengembangan objek wisata masing-masing.

Ada yang merencanakan camping ground hingga flying fox melintasi taman bunga. Kebun Jeruk Pak Bambang bahkan telah menanam lebih dari seribu pohon jeruk sunkist madu, untuk pembibitan dan pengembangan destinasi agrowisata miliknya itu.

Baca juga: Pengembangan Wisata di Pasaman, Ini 11 Fasilitas yang Bakal Dibangun di Kawasan Ekuator

“Dengan adanya dukungan pemerintah, kami tentunya sangat senang. Saya juga sangat berterimakasih atas kunjungan Bapak Wagub dan Wabup, meski singkat, masukan dan saran yang diberikan sangat menarik dan bermanfaat,” ujarnya. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist