Tak Hanya Sinovac, Sumbar Juga Gunakan Vaksin Astrazeneca untuk Keluarga TNI Polri dan Moderna untuk Booster

Padang, Padangkita.com – Tak hanya Sinovac, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) juga menggunakan Vaksin Astrazeneca dan Moderna untuk menjalankan program vaksinasi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbar Arry Yuswandi mengatakan, Vaksin Sinovac diperuntukkan bagi masyarakat umum, AstraZeneca untuk keluarga TNI dan Polri, kemudian Moderna untuk tenaga kesehatan, yaitu untuk vaksin Booster.

“Hingga saat ini, Sumbar telah menerima 1.096.470 dosis vaksin dari pemerintah pusat. Jenisnya Sinovac, AstraZeneca, dan Moderna,” ujarnya saat ditemui wartawan di Istana Gubernuran, Kamis (5/8/2021).

Dia menuturkan dari tiga jenis vaksin itu, yang paling banyak diterima Pemprov Sumbar yaitu vaksin jenis Sinovac. Vaksin jenis ini diperuntukkan untuk masyarakat umum.

Stok vaksin jenis ini saat ini masih tersedia 30.750 dosis di gudang Dinkes. Meski demikian, tutur Arry, puluhan ribu dosis vaksin ini sudah dibagi peruntukkannya untuk kabupaten/kota. Tinggal pemerintah kabupaten/kota menjemputnya ke gudang Dinkes.

Padang, Padangkita.com - Setelah menerima sebanyak 700 dosis Vaksin AstraZeneca, stok vaksin Covid-19 di Sumbar kini habis lagi.
Ilustrasi Vaksin Covid-19. [Foto: pixabay]
Sementara itu, terang Arry, vaksin Astrazeneca diperuntukkan buat keluarga TNI/Polri.

“Astrazeneca waktu itu programnya kan khusus untuk keluarga TNI Polri. Untuk masyarakat umum siapa yang mau, boleh, Waktu teman Polri buka vaksin, ada juga tempat bagi masyarakt umum yang mau Astrazenca dibuka,” sampai Arry.

Selain itu, Pemprov Sumbar juga menerima vaksin jenis Moderna. Jumlah yang diterima dari pemerintah pusat yaitu sebanyak 30.660 dosis.

Baca Juga: Mengadu ke Wakapolri, Wagub Audy Joinaldy: Stok Vaksin dari Pusat untuk Sumbar Sedikit

Vaksin jenis ini khusus digunakan untuk vaksinasi Covid-19 ketiga atau vaksin booster kepada tenaga kesehatan. Penyuntikan vaksin booster di Sumbar sudah dimulai dan saat ini masih dalam proses. [fru]

Terpopuler