Tak Hanya Rendang Daging, 7 Jenis Rendang Lain Khas Sumatra Barat Ini Layak Dicoba

Penulis: Erika

Berita viral terbaru dan berita trending terbaru: ada beberapa jenis rendang di Sumatera Barat yang sayang untuk kamu lewatkan.

Padangkita.com – Rendang atau Randang merupakan masakan tradisional khas Minangkabau, Sumatera Barat. Kuliner ini tidak hanya populer di Indonesia saja, melainkan sudah mendunia.

Menariknya lagi, menurut versi CNN, rendang menjadi makanan terlezat nomor satu di dunia selama empat tahun berturut-turut.

Tak ayal, banyak orang yang menyukai rendang karena memiliki cita rasa khas dan lezat. Bumbunya yang kaya akan rempah dan rasanya yang enak menjadi favorit banyak orang.

Bukan sekedar makanan saja, rendang bagi orang Minangkabau adalah martabat orang Minang. Rendang ini sudah menjadi bagian dari kehidupan orang Minang yang tak bisa dipisahkan.

Pada umunya, olahan rendang khas tanah Minang yang banyak diketahui orang hanya terbuat dari daging sapi atau dikenal dengan rendang daging.

Namun ternyata, ada banyak jenis rendang yang sering dibuat oleh orang Minangkabau. Apa saja jenis rendang tersebut? Simak ulasan berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Rendang Talua

Rendang talua terbuat dari telur ayam dan tepung tapioka, yang kemudian dicampur dengan bumbu rendang. Rendang Talua ini merupakan makanan khas Payakumbuh, Sumatera Barat.

Proses pembuatannya terbilang cukup panjang.

Awalnya, adonan telur ayam dan tepung didadar tipis, lalu dipotong-potong kotak. Kemudian, telur dadar yang telah dipotong kecil digoreng bersama dengan bumbu rendang hingga teksturnya mengeras seperti keripik.

Rendang Lokan

Rendang lokan (kerang) ini dibuat oleh masyarakan di daerah Pesisir Selatan, Sumatra Barat.

Sesuai dengan namanya, rendang lokan terbuat dari kerang jenis air tawar yang memiliki ukuran cukup besar.

Rendang lokan ini dimasak dengan cara khusus. Di mana lokan dimasukkan ke dalam bumbu rendang yang hampir matang. Jika terlalu cepak memasukkan lokan, daging lokan akan hancur.

Namun, jika terlambat, maka daging lokan akan menjadi liat dan sedikit pahit, sehingga merusak cita rasa rendang lokan tersebut.

Rendang Jariang

Rendang jariang atau dalam bahasa Indonesianya disebut dengan rendang jengkol.

Rendang ini tentunya terbuat dari jengkol yang telah direbus terlebih dahulu, lalu diolah bersama dengan bumbu khas rendang.

Rendang Pucuak Ubi

Rendang yang dapat ditemukan di Solok, Sumatra Barat ini terbuat dari pucuak ubi atau daun singkong yang dimasak bersama bumbu dan rempah hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan.

Rendang pucuak ubi ini memiliki rasa yang gurih.

Terpopuler

Add New Playlist