Tak Ditarget, Taekwondoin Sumbar Bimantara Justru Mampu Sumbang Medali

Penulis: Redaksi

Jayapura, Padangkita.com – Cabang olahraga atau cabor taekwondo kembali menyumbang medali untuk Sumatra Barat (Sumbar) pada Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua 2021.

Sebelumnya, pada pertandingan hari pertama hingga ketiga, taekwondo telah menyumbang satu medali emas dan dua keping medali perunggu.

Sementara pada pertandingan hari keempat, Selasa (5/10/2021) di Poltekbang Kota Jayapura, taekwondoin Sumbar menyumbang lagi satu keping medali perak melalui Bimantara Subrata dari kelas U-80 kg putra.

Hanya saja dua taekwondoin lainnya, yakni Jailani Jonsil yang turun di kelas U-54 kg putra dan Ochkirani Martha di kelas U-53 kg putri gagal menyumbang medali.

Pada pertandingan pertama babak 8 besar Bimantara memperoleh kemenangan bye. Pada semifinal mengalahkan taekwondoin Bali, Muhammad Akbar Sidik.

Di partai puncak, Bimantara yang sejak awal tidak ditargetkan meraih medali, lantaran kapasitasnya hanya sebagai pengganti salah satu atlet yang gagal berangkat PON, nyatanya mampu memperlihatkan performa terbaik.

Menghadapi wakil dari Jawa Barat, Bimantara sejatinya bisa mengimbangi penampilan Dinggo Adrian Prayogo di babak pertama. Namun babak kedua tidak dilanjutkan lantaran Bimantara menderita cedera di pengujung babak kedua. Tendangan Dinggo mendarat tepat di bagian wajah Bimantara yang membuatnya tak bisa melanjutkan pertandingan.

Skor 15-3 menyudahi duel ini, sehingga Bimantara hanya berhak membawa pulang medali perak.

Manajer Taekwondo Sumbar Budi Ilyas mengatakan, apa yang ditampilkan Bimantara sudah di luar ekspektasi selama ini. Menurutnya, tidak ada target muluk di kelas U-80 kg. Namun Bimantara justru mampu menyumbang medali perak.

“Kita bersyukur sekali Taekwondo Sumbar tampil bagus di PON kali ini. Intinya perjuangan anak-anak sangat luar biasa sehingga kita berhasil membawa pulang satu emas, satu perak dan dua perunggu,” sebutnya.

Capaian yang diperoleh Taekwondo Sumbar di PON Papua diapresiasi Ketua KONI Sumbar Agus Suardi.

Abien—sapaan akrab Agus Suardi—mengucapkan terima kasih kepada atletnya yang telah berjuang mati-matian membela nama daerah di Papua.

Baca juga: Lewat Delva Riski, Taekwondo Sumbang Medali Emas Kedua Untuk Sumbar

“Semoga capaian yang diperoleh taekwondo ini diikuti oleh atlet Cabor lainnya. Mari berjuang mengharumkan nama Sumatra Barat di Bumi Cenderawasih,” ajak Abien. (*/pkt)

Terpopuler