Lewat Delva Riski, Taekwondo Sumbang Medali Emas Kedua Untuk Sumbar

Penulis: Redaksi

Jayapura, Padangkita.com – Cabang olahraga taekwondo menyumbang medali emas untuk Ranah Minang di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Total, hingga hari ini Sumbar telah mengoleksi dua emas, setelah sebelumnya disumbangkan oleh cabor gantole.

Bertanding di GOR Poltekbang Jayapura, Senin (4/10/2021) taekwondoin andalan Tuah Sakato, Delva Riski di kelas O-73 kg sebelumnya memang tampil menjanjikan. Pada dua pertandingan awal ia telah mengoleksi kemenangan dengan skor mencolok atas Sulawesi Tengah dan tuan rumah Papua.

Pada partai final, Delva terlihat tampil hati-hati menghadapi wakil Riau, Bella Oktafianti.

Delva yang sejak awal memang diunggulkan mengamankan medali emas, perlahan tapi pasti mengumpulkan satu persatu poin hingga mengunci pertandingan dengan skor 23-13.

Kemenangan di final ini otomatis menambah perbendaharaan medali emas Sumbar menjadi dua keping. Sebelumnya cabor gantole telah terlebih dahulu membuka perburuan medali emas Sumbar di Bumi Cenderawasih.

Di hari yang sama, Selain Delva pada pertandingan hari ketiga cabor taekwondo, Sumbar juga mengemas medali perunggu melalui Densa Mata Astrit. Di semifinal taekwondoin yang turun di kelas U-73 ini dikalahkan Muhammad Rizaldi dari Jawa Barat dengan skor telak.

Sejauh ini tim taekwondo Sumbar telah mengoleksi satu medali emas dan dua keping medali perunggu.

Manajer tim taekwondo Sumbar Budi Ilyas mengapresiasi perjuangan anak didiknya yang telah bertanding. Menurutnya Pengprov Taekwondo Sumbar telah mampu merealisasikan target awal di PON Papua, yakni satu medali emas.

Baca juga: PON XX Papua, Panjat Tebing Lead Mix Sumbar Melangkah ke Babak Final

“Alhamdullilah, kita mampu meraih target satu emas. Capaian ini berkat dukungan masyarakat Sumbar serta Pemprov Sumbar. Jelang bertanding Wakil Gubernur Audy Joinaldy memberikan motivasi kepada Delva dan atlet lainnya,” jelas Budi. (*/pkt)

Terpopuler