Tak Dapat Jatah Vaksin, Vaksinasi Covid 19 di Tanah Datar Diundur hingga Februari 2021

Penulis: Agg
|
Editor: Zulfikar

Berita Tanah Datar terbaru, berita Sumbar terbaru dan berita Virus Corona (Covid-19) terbaru: Program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tanah Datar diundur hingga Februari 2021, karena daerah tersebut tak dapat jatah vaksin.

Batusangkar, Padangkita.com – Program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tanah Datar diundur hingga Februari 2021, karena daerah tersebut tak dapat jatah vaksin untuk tahap I di Sumatra Barat (Sumbar).

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Tanah Datar, Roza Mardiah mengatakan, dengan diundurnya program vaksinasi, maka akan ada waktu lebih lama untuk sosialisasi ke masyarakat.

“Kita jadwalnya Februari, tapi itu masih bulan, tanggal tepatnya kita belum dapat informasi,” ujar Roza, Rabu (13/1/2021).

Dikatakan Roza, vaksinasi di Sumbar untuk tahap awal, hanya untuk dua daerah saja, yaitu Kota Padang dan Kabupaten Pesisir Selatan.

“Yang jelas, pemberian vaksin ini sudah siap dilakukan,” ucapnya.

Data untuk program vaksinasi di Tanah Datar, sambung Roza, akan diprioritaskan untuk 1.631 tenaga kesehatan, dan penerima vaksin juga harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

Salah satu contohnya, kata Roza, vaksin itu tidak boleh diberikan kepada orang yang memiliki penyakit penyerta (komorbid), seperti penyakit jantung, paru-paru, ginjal atau diabetes.

Kemudian, juga tidak boleh diberikan untuk orang yang pernah terkonfirmasi positif Covid-19, memeili penyakit auto imun dan ibu hamil atau menyusui.

“Selain kriteria di atas, orang yang akan divaksin itu usianya juga harus 18-59 tahun,” kata Roza.

Baca juga: 10.933 Tenaga Kesehatan Kota Padang dan Pessel Prioritas Program Vaksinasi di Sumbar

Lebih lanjut, menurut Roza, setelah tenaga kesehatan, maka program vaksinasi akan diprioritaskan untuk TNI, Polisi, petugas pelayanan publik, ASN, pejabat daerah, tokoh masyarakat dan juga secara bertahap akan diberikan kepada seluruh masyarakat.

“Tentunya sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan,” imbuhnya. [zfk]


Baca berita Tanah Datar terbaru, berita Sumbar terbaru dan berita Virus Corona (Covid-19) terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist