Sylviana Murni: DPD Akan Terus Menjadi Saluran Bagi Raja dan Sultan Nusantara

Penulis: Redaksi

Jakarta, Padangkita.com – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti didampingi para Senator menjamu Raja dan Sultan se-Nusantara yang tergabung dalam Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) pada acara Gala Dinner dalam rangkaian HUT ke-17 DPD RI di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (30/9/2021).

Senator asal DKI Jakarta, Sylviana Murni yang juga Ketua Panitia HUT DPD dalam sambutannya menegaskan bahwa lembaganya membuka diri seluas-luasnya sebagai saluran untuk menyuarakan kepentingan para Raja dan Sultan Nusantara yang merupakan pemegang saham utama negeri ini.

Pasalnya, hal itu sudah menjadi kewajiban DPD RI untuk memperjuangkan kearifan lokal melalui hak adat dan budaya Nusantara.

“Negara harus hadir untuk memastikan sejarah dan budaya yang dimiliki Indonesia mendapatkan tempat yang layak. Karena, hanya bangsa yang besar yang mampu merawat dan menghormati sejarah peradaban mereka,” kata Sylviana.

Masih dikatakan dia, jika pemerintah melalui Undang-Undang tentang Desa mengeluarkan APBN triliunan rupiah untuk setiap desa, maka sudah sewajarnya pemerintah mengeluarkan pembiayaan rutin untuk entitas Keraton dan Kerajaan Nusantara.

“Untuk mencapai itu akan mendorong percepatan pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Masyarakat Hukum Adat yang hingga kini masih terhenti di Badan Legislasi DPR RI,” sebut dia.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengarah MAKN, Raja Denpasar IX Paduka Yang Mulia Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pamecutan dalam sambutannya menyatakan Raja dan Sultan se-Nusantara percaya Ketua DPD RI akan mampu memperjuangkan eksistensi Kerajaan dan Kesultanan Nusantara.

Baca juga: Sinergitas Daerah dengan DPD, Upaya Jaga Keutuhan Wilayah NKRI

Oleh karena itu, Raja dan Sultan se-Nusantara yang tergabung dalam MAKN menyerahkan sepenuhnya mandat kepada Ketua DPD RI untuk mewujudkan 7 Titah Raja dan Sultan Nusantara yang menjadi kesepakatan dalam Festival Adat Kerajaan Nusantara (FAKN) I di Keraton Sumedang Larang. (jal/pkt)

Terpopuler