Sumbar Catat Rekor Terbanyak Pemeriksaan Sampel ‘Swab’ dalam Sehari

Penulis: MF Zikri

Berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru: Sumbar mencatat rekor terbanyak pemeriksaan sampel swab dalam satu hari

Padang, Padangkita.com – Jumlah pemeriksaan sampel swab atau spesimen untuk mendeteksi virus Corona di Sumatra Barat (Sumbar) kembali memecahkan rekor nasional. Dua laboratorium di Sumbar, hari ini (4/9/2020) totalnya memeriksa 3.978 spesimen.

Rinciannya, sebanyak 3.679 sampel diperiksa di Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand, Padang dan 299 sampel diperiksa di Laboratorium Balai Penyidikan dan Pengujian Veterenir Baso, Agam.

“Pemeriksaan sampel yang dipimpin oleh penanggugjawabnya Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc, memecahkan rekor nasional dalam pemeriksaan sampel dalam satu hari, yaitu mencapai 3.978 spesimen,” ungkap Jasman Rizal, Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumbar, Jumat (4/9/2020) pagi.

Jumlah pemeriksaan sampel swab di Sumbar sudah beberapa kali mencatatkan rekor nasional. Di Indonesia, hanya DKI Jakarta yang bisa memeriksa sampel swab dalam jumlah banyak. Namun, DKI Jakarta didukung oleh sumber daya nasional.

Baca Juga: Dari 3.978 Spesimen yang Diperiksa Ditemukan 66 Kasus Positif Covid-19 di Sumbar

Beberap hari terakhir, pemeriksaan sampel swab di Sumbar terus meningkat sejalan dengan melonjaknya kasus positif. Beberapa kali, dua laboratorim yang ada di Sumbar memeriksa total sampel swab di atas 3.000 per hari.

Hingga kemarin (3/9/2020) total spesimen yang telah diperiksa di Sumbar sebanyak 124.149 sampel. Sehingga jika ditotal dengan hari ini, maka total spesimen yang telah diperiksa di Sumbar menjadi 128.127 sampel. Sementara jumlah orang yang diperiksa sebanyak 105.585 orang. [*/pkt]


Baca berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.