Sudah 4 Bulan Semua Wali Nagari dan Staf di Tanah Datar Tidak Terima Gaji, Pelayanan Terganggu

Penulis: Agg

Berita Tanah Datar hari ini dan berita Sumbar hari ini: Para wali nagari se-Kabupaten Tanah Datar sudah empat bulan tidak menerima honor atau gaji

Batusangkar, Padangkita.com – Para wali nagari se-Kabupaten Tanah Datar sudah empat bulan tidak menerima honor atau gaji. Begitu juga dengan staf yang bekerja di kantor wali nagari, termasuk anggota Badan Permusyawaratan Rakyat Nagari (BPRN).

Akibatnya, pelayanan di kantor wali nagari pun terganggu. Beberapa staf di sejumlah nagari terpaksa mencari kerja lain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Meski begitu, para staf harus kerja serabutan itu, tetap ada yang berusaha melayani masyarakat.

Di Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Sungai Tarab, para staf nagari berencana melakukan mogok kerja jika honor atau gaji yang sudah memasuki bulan keempat masih belum juga dibayarkan.

Wali Nagari Pasia Laweh Muchtar Kiman, Selasa (6/4/2021) mengatakan, dengan tidak kunjung cairnya gaji, membuat dirinya tidak bisa memaksa pegawainya bekerja maksimal melayani masyarakat. Terlebih, waktu empat bulan cukup lama bagi pegawainya itu tanpa penghasilan.

“Mereka sangat berharap gaji mereka segera cair. Dengan kondisi sekarang ini kita tentu tidak mungkin memaksa mereka tetap di kantor. Karena mereka juga punya tanggungan,” ujar Muchtar Kiman.

Meski begitu, Muchtar menegaskan, di kantornya masih tetap melayani masyarakat dalam pengurusan administrasi kependudukan dan lainnya.

“Masyarakat yang ingin mengurus segala sesuatu akan tetap kami layani,” tambahnya.

Dari 12 orang staf perangkat Nagari Pasia Laweh, lebih dari separuhnya telah bekerja di tempat lain, untuk mencukupi kebutuhan mereka.

Terpopuler

Add New Playlist