Staf Ahli Presiden Apresiasi Pemprov Sumbar dalam Penanganan Covid-19

Penulis: Ramono Aryo

Berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru: Stafsus Presiden apresiasi penanganan Covid-19 oleh Pemprov Sumbar

Padang, Padangkita.com – Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Irwan Prayitno menerima kunjugan Staf Khusus Presiden Jokowi, Billy Gracia Yoshapat Mambrasar di Istana Gubernuran, Padang, Sabtu (26/9/2020). Kedatangan Billy untuk membahas dan berdiskusi mengenai penanganan Covid-19 di Sumbar.

Dalam pertemuan itu, Irwan Prayitno menjelaskan bahwa Pemprov Sumbar telah melakukan berbagai upaya dalam menekan angka penularan Covid-19. Pemprov Sumbar terus mengingatkan warga untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan normal baru.

“Kuncinya ada empat, dari segi pemerintah yaitu bagaimana kemampuan kita mengendalikannya, testing (pengujian), tracking (pelacakan), isolasi serta treatment (pengobatan). Bila empat hal ini sungguh-sungguh dan konsisten dilakukan secara masif, Insyaallah bisa mengurangi penyebaran Covid-19 di Sumbar,” jelas Irwan Prayitno.

Langkahnya ini, gubernur arahkan pada satu tujuan, yaitu memutus penularan, memutus rantai penyebaran. Apalagi sampai saat ini obat atau vaksinnya anti virus belum ada.

“Sampai ada anti virusnya, Covid-19 ini akan tetap ada. Jadi selama belum ada obat dan antivirus Covid-19, kita mengendalikannya agar tetap landai dan terkontrol,” katanya

Baca juga: Kota Padang dan Agam Masuk Zona Merah Covid-19 di Sumbar

Selain itu menurut Irwan saat ini Pemprov juga telah menerbitkan Perda Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.Ini merupakan perda pertama dan satu-satunya provinsi yang memiliki perda tersebut.

Gubernur meyakini, Kalau aturan yang ditetapkan bisa dipatuhi oleh semua pihak, penyebaran Covid-19 bisa dikendalikan. Karena kata Irwan, peluangan penyebarannya sangat kecil. Ditambah nantinya ada Perda yang akan membawa masyarakat untuk berperilaku disiplin mengikuti protokol kesehatan.

Sementara itu, Billy Mambrasar memberikan apresiasi atas usaha yang dilakukan Pemprov Sumbar untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Sumbar. Salah satunya menggratiskan tes swab masif kepada masyarakat.

“Saya sangat kagum sama pak gubernur Irwan Prayitno dalam kinerja menekan angka pertumbuhan Covid-19 di Sumatra Barat. Dengan menggratiskan setiap orang melakukan tes swab secara masif, sampai 4ribu perhari dan treatment berupa isolas bisa mengurangi penyebaran Covid-19 di Sumbar. Salut buat pak Irwan,” ungkapnya.

Selain itu Billy juga berharap bisa terjali kolaborasi aktif bersama pemerintah provinsi Sumbar untuk mendukung program-program pusat dalam pembangunan dan mensejahterakan masyarakat. [abe]


Baca berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist