Sosok Syarif Rizki, Tunanetra Hafiz 25 Juz yang Ikut MTQ di Padang Panjang

Penulis: Redaksi
|
Editor: Zulfikar

Padang Panjang, Padangkita.com – Syarif Rizki, merupakan seorang tunanetra asal Padang Pariaman yang hafiz al-Quran 25 juz. Kali ini, ia ikut berlomba dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) ke-XXXIX di Padang Panjang.

Meskipun di tengah keterbatasan, ternyata Rizki mampu menjadi utusan Padang Pariaman sebagai peserta MTQ untuk cabang hafiz 20 Juz.

Rizki datang ke Padang Panjang bersama neneknya, dengan penuh semangat, ia juga mendapat dukungan dari banyak pihak.

“Untuk persiapan sudah sangat matang. Rizki adalah seorang penghafal al-Quran lulusan Pondok Pesantren Nurul Yaqin, Ambung Kapur. Selain hafalannya banyak, tajwid dan suaranya juga bagus,” ujar Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Padang Pariaman, Syafrizal dikutip dari rilis Kominfo Padang Panjang, Sabtu (13/11/2021).

Sedari kecil, kata Syafrizal, Rizki telah mulai menghafal al Quran. Kebiasaan tersebut ia lanjutkan hingga saat ini.

Bahkan, kata Syafrizal, saat ini hafalan Rizki telah sampai 25 Juz. Hafalan tersebut ia dapat dengan bantuan al-Quran Braille.

Namun, seiring perkembangan teknologi informasi, juga memudahkan Rizki untuk menghafal al-Quran dengan menggunakan media rekaman suara.

“Dengan daya tangkapnya yang sangat baik, Rizki telah banyak meraih prestasi di bidang hafiz hingga ke tingkat Asia,” ucap Syafrizal.

Tidak hanya itu, atas prestasi yang Rizki dapatkan, Rizki juga telah diberangkatkan umrah sebagai apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman.

Baca juga: Seberangi Lautan, Puluhan Peserta MTQ dari Mentawai Tiba di Padang Panjang

Diketahui, Rizki akan berlaga di bidang Tahfiz 20 Juz pada Minggu, 14 November 2021, sesudah Ashar. Ia berharap dapat meraih peringkat pertama dalam bidang ini. [*/zfk]

Terpopuler

Add New Playlist