Solok Raya Diterjang Banjir, Terparah di Kota Solok Capai 2 Meter

Penulis: Fuadi Zikri

Berita Solok terbaru dan berita Sumbar terbaru: Bencana di awal tahun, Solok Raya terkepung banjir. Paling parah di Kota Solok.

Padang, Padangkita.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) mencatat sebagian besar wilayah Solok Raya (Solok, Kota Solok, dan Kabupaten Solok Selatan) dilanda banjir, Selasa (12/1/2021).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur mengatakan, banjir merendam daerah itu setelah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi mengguyur sejak Senin (11/1/2021) malam.

Di Kabupaten Solok, BPBD mencatat banjir mulai merendam rumah warga Selasa dini hari (12/1/2021) seitar pukul 01.30 WIB. Setidaknya banjir merendam dua kecamatan di daerah itu. Yaitu, Kecamatan Bukit Sundi dan Kubung.

Sementara itu, di Kota Solok, banjir mulai memasuki permukiman warga pada Senin malam sekitar pukul 23.30 WIB. Di daerah ini banjir merendam sembilan kelurahan di Kecamatan Lubuak Sikarah dan Tanjung Harapan.

“Di Kabupaten Solok Selatan, banjir terjadi pukul 01.30 WIB. Banjir merendam rumah warga di Kecamatan Sangir Balai Janggo dan Kecamatan Sungai Pagu. Jadi ada dua kecamatan,” kata Rumainur dihubungi Padangkita.com, Selasa (12/1/2021) siang.

Ia menyebutkan, banjir terjadi setelah beberapa sungai besar di daerah tersebut meluap akibat hujan dengan intensitas tinggi semalaman. Di Kota Solok dan Kabupaten Solok, banjir melanda akibat luapan Batang Lembang dan Batang Gawan.

“Banjir terparah terjadi di Kota Solok, banjir hampir mencapai dua meter lebih,” sebut dia.

BPBD bersama beberapa unsur terkait sudah melakukan evakusi terhadap warga yang terdampak serta melakukan pendataan dan memberikan sejumlah bantuan.

Baca juga: 8.045 Jiwa di Dua Kecamatan di Kota Solok Terdampak Banjir

Menurut dia, banjir saat ini sudah mulai surut. Namun Rumainur mengimbau warga tetap waspada terhadap banjir susulan jika hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi masih mengguyur daerah tersebut. [pkt]


Baca berita Solok terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist