Silsilah Keluarga Menteri Perdagangan M Lutfi, Ayah Berdarah Minang dari Pariaman

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Presiden Joko Widodo telah mengumumkan perombakan atau reshuffle sejumlah menteri di jajaran kabinet yang ia pimpin pada Selasa (22/12/2020) siang.

Salah satu menteri baru yang diumumkan Jokowi adalah Muhammad Lutfi yang saat ini menjadi Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS). Ia didapuk menempati pos Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto.

Belakangan diketahui, Lutfi yang juga pernah menjabat di pemerintahan pada era Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono dengan posisi yang sama tersebut diketahui masih berdarah Minang.

Muhammad Lutfi adalah anak kandung dari Firdaus Wajdi, mantan Ketua KAMI (Komando Aksi Mahasiswa) era tahun 60-an. Fakta ini disampaikan oleh Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Keluarga Daerah Piaman (DPW PKDP) Sumatra Barat (Sumbar), Irvan Khairul Ananda.

“Bapak beliau pernah juga menjadi Staf Badan Intelijen Negara (BIN). Bapaknya berasal dari Kurai Taji, Kabupaten Padang Pariaman dan menikahi gadis Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel),” kata Irvan kepada Padangkita.com, Selasa (22/12/2020) malam.

Irvan mengatakan, antara dirinya dengan Lutfi sendiri juga memiliki ikatan kekeluargaan. Kakek Lutfi yang bernama Buya Muhammad Luth Hasan menikah dengan (almarhumah) Mariatun, adik dari Ayah Irvan, Sidi Chairul Munir.

“Etek Mariatun ini lebih dari enam tahunan berstatus suami istri sebelum Buya M Luth Hasan meninggal dunia. Di mana waktu itu Etek dan Buya tinggal di Jakarta,” katanya.

Irvan mengaku terakhir berkomunikasi dengan Lutfi pada rentang waktu 2007 hingga 2009. Pada masa itu Irvan menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Sumbar, lantaran Lutfi merupakan kepala BKPM.

Baca juga: Daftar Enam Menteri Baru Usai Reshuffle Kabinet

“Tahun 2007 beliau Kepala BKPM saya masih sempat berkomunikasi juga dan tahun 2009 beliau ditarik ke Amerika Serikat sebagai Duta Besar (Dubes),” paparnya. [ad/pkt]


Baca berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist