Siap-siap, PPDB Sumbar 2022 SMA SMK Dibuka Awal Juni

Padang, Padangkita.com – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sumatra Barat (Sumbar) 2022 untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) rencananya dibuka pada awal Juni mendatang.

“Jadwal PPDB belum kita tetapkan. Namun, diperkirakan dibuka awal Juni. Tanggalnya belum pasti,” ujar Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumbar, Barlius saat dihubungi Padangkita.com via telepon, Rabu (11/5/2022).

Dia menuturkan, pihaknya saat ini melakukan sejumlah persiapan untuk pelaksanaan PPDB tersebut, yaitu membuat petunjuk teknis (juknis), dan menggelar sosialisasi.

Sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, PPDB tahun ini masih menerapkan sistem zonasi, yakni memperhitungkan jarak tempat tinggal siswa dengan sekolah. Sistem tersebut masih dirampungkan oleh Disdik Sumbar.

“Penetapan zonasinya hampir rampung. Intinya kan sosialisasi dan penetapan zonasi. Kalau juknis, itu sedang proses, masih kita mantapkan,” jelasnya.

Menurut Barlius, sama dengan tahun sebelumnya, PPDB tahun ini masih dibuka lewat empat jalur. Ada jalur zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua, dan jalur prestasi.

“Terkait berapa jumlah siswa yang akan diterima, itu masih kita rekap. Begitu juga kuota masing-masing jalur,” sampainya.

Baca Juga: 20 SMA Terbaik di Sumbar Berdasarkan Nilai UTBK 2021

Dia menerangkan, pihaknya akan menyampaikan informasi lebih lanjut di situs resmi PPDB Sumbar. [fru]

Terpopuler

Add New Playlist