Setelah Ditutup Sepekan, Beberapa Jalur Pendakian Gunung Talang Kembali Buka Mulai Hari Ini

Penulis: Fuadi Zikri

Arosuka, Padangkita.com – Setelah ditutup sepekan, beberapa jalur pendakian Gunung Talang di Kabupaten Solok kembali dibuka mulai hari Ini, Jumat (20/8/2021).

Seperti jalur pendakian via Bukik Bulek, Kecamatan Danau Kembar yang kembali membuka jalur pendakian Gunung Talang.

“Kemarin masih ditutup jalur via Bukik Bulek. Tapi untuk hari ini dan seterusnya Insya Allah sudah dibuka,” ujar salah seorang pengelola jalur, Dhoni, Jumat siang.

Sebelumnya, semua jalur pendakian Gunung Talang ditutup atas perintah Pemerintah Kabupaten Solok untuk menghindari kerumunan masa saat perayaan HUT ke-76 RI di puncak Gunung Talang. Penutupan dilakukan selama satu pekan, terhitung 14 Agustus 2021.

Berbeda dengan posko Bukik Bulek, jalur pendakian Gunung Talang via Aie Batumbuak dan Seroja akan mulai dibuka besok, Sabtu (21/8/2021).

“Kami mulai buka besok, begitu juga via Aia Batumbuak, karena kami satu nagari,” ujar salah seorang pengelola posko jalur pendakian Seroja yang dihubungi terpisah.

Bagi para pendaki yang ingin menikmati keindahan satu-satunya gunung berapi aktif di Solok Raya ini dapat melalui tiga jalur resmi yang saat ini sudah buka.

Ketiga jalur ini terletak di kaki Gunung Talang di tiga lokasi yang berbeda. Tiap-tiap jalur punya karakteristik berbeda serta pemandangan unik masing-masing.

Jalur via Bukik Bulek yang berada di Kecamatan Danau Kembar menyajikan pemandangan indah tiga danau di kaki Gunung Talang, yaitu Danau Talang, Danau Diatas, dan Danau Dibawah.

Jalur ini terbilang masih muda karena baru dibuka beberapa bulan lalu. Jalur ini menjanjikan waktu pendakian yang cukup singkat. Selain itu, hamparan perkebunan warga juga akan memanjakan mata pendaki.

Sementara itu, jalur pendakian via Aia Batumbuak di Kecamatan Gunung Talang yang terbilang jalur yang cukup sering dilalui para pendaki, menyajikan pemandangan hamparan perkebunan teh yang luas.

Sebab, sebelum mulai menanjak gunung, dari pintu pos para pendaki memang akan melewati perkebunan teh tersebut. Sesekali, para pengunjung dapat bertemu dengan rombongan ibu-ibu yang tengah memetik pucuk teh.

Baca juga: Gunung Talang Ditutup Jelang HUT ke-76 RI hingga 20 Agustus

Jika melewati posko Seroja, yang juga berada di Kecamatan Gunung Talang, para pengunjung dapat menikmati pemandangan perkebunan teh dari ketinggian. Jalur ini cukup landai untuk dilalui dan menyajikan hijaunya hutan Gunung Talang. [mfz/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist