Sepanjang 2021, Produksi Ikan di Kota Padang Capai 20 Ribu Ton

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang mencatat produksi hasil perikanan di Kota Padang pada 2021 mencapai 20.191,5 ton.

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang, Guswardi mengatakan, produksi terbanyak pada 2021 itu adalah ikan tongkol sebanyak 5.671 ton, dan ikan cakalang sebanyak 2.866,6 ton.

“Kemudian ikan tuna sebanyak 2.123,5 ton dan ikan lainnya sebanyak 2.964,1 ton,” ungkap Guswardi dikutip dari laman infopublik.id, Jumat (28/1/2022).

Menurutnya, potensi hasil perikanan Kota Padang cukup banyak, tetapi berbagai kendala dirasakan nelayan sehingga hasil tangkapan tidak maksimal.

“Untuk Sumatra Barat sendiri dengan luas laut yang ada, potensi perikanan sebesar 500 ribu ton dalam setahun, tetapi yang baru tergarap mungkin sekitar 25 persen, dan untuk Padang juga demikian. Nelayan terkendala dengan alat tangkap yang masih tradisional sehingga hasilnya belum optimal,” jelasnya.

Lebih lanjut, Guswardi mengatakan, 80 persen nelayan di Kota Padang menggunakan alat tangkap tradisional seperti kapal tonda yaitu kapal kecil dengan alat tangkap belum modern.

Baca Juga: Parkir Sembarangan, Sejumlah Kendaraan di Padang Digembosi Petugas Dishub 

“Untuk 2022, kita menargetkan ada kenaikan produksi hasil perikanan sekitar tiga hingga lima persen. Untuk mencapai itu kita akan melakukan upaya pelatihan dan membantu nelayan melengkapi alat tangkap mereka,” pungkasnya. [*/fru]

Terpopuler

Add New Playlist