Seorang Warga Pasbar Kembalikan BLT 3 Bulan, Alasannya Buat Kagum

Penulis: Ahmad Romi

Simpang Empat, Padangkita.com – Seorang warga Jorong Muara Mais, Nagari Batahan Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Syafa Akhir, 43 tahun, mengembalikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp600 ribu per bulan yang telah diterimanya selama tiga bulan.

Dia menilai, masih banyak warga yang lebih layak untuk menerima dibanding dirinya yang masih sanggup untuk berusaha. BLT itu diserahkannya kepada Pemerintah melalui Pjs Bupati Pasbar, Hansastri di aula Kantor Wali Nagari Batahan, Selasa (20/10/2020).

Baca Juga

Syafa Akhir saat dikonfirmasi Padangkita.com melalui telepon selulernya, Rabu (21/10/2020) pagi, mengatakan dirinya sudah tidak layak lagi menerima bantuan sosial tersebut, karena ekonominya sudah membaik dari sebelumnya.

“Masih banyak masyarakat yang lebih membutuhkan daripada saya, maka silakan diberikan kepada yang lebih membutuhkan tersebut,” ujarnya.

Menurutnya BLT tersebut tujuannya untuk memperbaiki kondisi ekonomi masyarakat yang mendapatkan, bukan malah bergantung terhadap bantuan tersebut. “Seharusnya bantuan itu kita pakai untuk memperbaiki perekonomian kita yang menerima, supaya nantinya dapat diberikan kepada yang membutuhkan ketika ekonomi kita telah membaik,” ulasnya.

Pjs Bupati Pasbar, Hansastri langsung memberikan apresiasi terhadap sikap bijak dan mulia warga Pasbar ini, karena pada masa seperti saat sekarang hal seperti ini sangat langka.

“Tindakan seperti itu layak mendapat apresiasi dan dijadikan contoh bagi masyarakat. Kalau memang sudah mampu, mari berbagi giliran kepada yang kurang mampu, supaya mereka juga menikmati bantuan tersebut,” katanya di Simpang Empat.

Hansastri didampingi Ketua TP. PKK Pasbar, Lina Hansastri menyerahkan pengembalian dana BLT tersebut kepada Kepala Dinas Sosial, Yonnisal untuk selanjutnya disalurkan kepada yang lebih membutuhkan.

Ditegaskan Hansastri, bahwa pemutakhiran Data Terpadu Sosial Kesejahteraan (DTSK) harus segera dilakukan untuk meminimalisasi kesalahan atau pemberian bantuan yang tidak tepat sasaran.

Baca juga: Bawaslu, Awak Media dan Mahasiswa di Pasaman Barat Tandatangani Nota Kesepahaman Pengawasan Pilkada

“Informasi dari Dinas Sosial, bahwa November mendatang akan dilakukan pemutakhiran data DTSK. Mudah-mudahan tindak lanjut tersebut dapat menjadi solusi, sehingga segala macam jenis bantuan sosial yang diberikan benar-benar diterima oleh masyarakat yang benar-benar membutuhkan,” tuturnya. [pkt]


Baca berita Pasaman Barat terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler