Bawaslu, Awak Media dan Mahasiswa di Pasaman Barat Tandatangani Nota Kesepahaman Pengawasan Pilkada

Penulis: Ahmad Romi
|
Editor: Zulfikar

Berita Pasaman Barat terbaru dan berita Sumbar terbaru: Bawaslu, Awak Media dan Mahasiswa di Pasaman Barat sepakat untuk terlibat dalam pengawasan pilkada yang digelar di daerah itu. Mereka juga sudah menandatangani nota kesepahaman.

Simpang Empat, Padangkita.com – Upaya meningkatkan pengawasan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) di Pasaman Barat, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) gandeng awak media dan mahasiswa.

Untuk pengawasan tersebut, mereka juga sudah mendandatangani nota kesepahaman dalam rangkaian kegiatan sosialisasi Pengawasan Partisipatif di Hotel Guchi, Simpang Empat, Rabu (14/10/2020).

Baca Juga

Ketua Bawaslu Pasaman Barat, Emra Patria dalam kegiatan tersebut mengatakan, bahwa kegiatan ini sudah merupakan agenda wajib dan telah sesuai dengan tupoksi di Bawaslu.

Kemudian, dikarenakan minimnya keanggotaan fungsi pengawasan Pemilu, maka diharapkan output dari kegiatan ini bisa menjalin sinergisitas antara peran mahasiswa dan media dalam pelaksanaan Pilkada Serentak yang akan digelar 9 Desember 2020.

“Sebenarnya kegiatan ini dilaksanakan jauh hari sebelumnya, namun karena situasi Pandemi Covid-19, maka baru ini bisa kita dilaksanakan,” ujar Emra, Rabu (14/10/2020).

Lebih Lanjut, terkait pengawasan Pemilu ini, Bawaslu mengusung motto yaitu Cegah, Awasi, Tindak (CAT).

Emra berharap, agar mitra Bawaslu bisa menjadi perpanjangan mata dan telinga di sekitar lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Kemudian, menurut Emra, sejauh ini pihaknya sudah melakukan pengawasan terhadap jalannya tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak, termasuk melakukan pengawasan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Pengawasan lain, seperti kampanye calon kepala daerah baik calon bupati maupun gubernur untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Menjalin kerjasama dengan Kampus Yaptip dalam hal pengawasan pemilu partisipatif. Kita juga membentuk Sekolah Kader Pengawasan Pemilu Partisipatif (SKPPP),” jelasnya.

Lebih lanjut, dikatakan Emra, pihaknya juga sudah menyosialisasikan dengan masing-masing Pasangan Calon (Paslon) bupati dan wakil bupati dengan membuat Pakta Integritas terkait pelaksanaan Pemilu ‘Badunsanak’ sesuai dengan aturan yang berlaku.

Baca juga: Bawaslu Pasbar Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bersama Media dan Mahasiswa

“Saya berharap, kita semua bisa menjadi relawan nantinya, tentunya sesuai dengan aturan yang berlaku,” katanya. [zfk]


Baca berita Pasaman Barat terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler