Senin Depan, 2.500 Jemaah Tarekat Naqsyabandiyah di Sumbar Mulai Puasa Ramadan

|
Editor: Rina Akmal

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Tarekat Naqsyabandiyah melakukan penetapan awal puasa Ramadan dengan menggunakan kalender hisab munjid

Padang, Padangkita.com– Sekitar 2.500 jemaah Tarekat Naqsyabandiyah yang tersebar di berbagai daerah di Sumatra Barat (Sumbar) akan melaksanakan puasa hari pertama Ramadan pada Senin (12/4/2021).

Sedangkan salat tarawih perdana akan dilaksanakan pada Minggu (11/4/2021) malam.

Sekretaris Tarekat Naqsyabandiyah Padang, Edizon Revindo mengatakan Tarekat Naqsyabandiyah melakukan penetapan awal puasa Ramadan dengan menggunakan kalender hisab munjid.

Berdasarkan kalender hisab munjid, awal Ramadan jatuh lima hari lebih cepat dari puasa tahun sebelumnya

“Kita merunjuk kepada kalender hisab munjid. Berdasarkan kitab itu, tahun kemarin kan kita puasa Ramadan hari Kamis. Jadi Ramadan berikutnya dihitung lima dari hari Kamis. Jadi kita tetapkan hari Senin awal Ramadan tahun ini,” ujarnya saat dihubungi Padangkita.com, Jumat (9/4/2021).

Edizon menjelaskan, berdasarkan penghitungan tersebut, jemaah Tarekat Naqsyabandiyah di Sumbar akan melakukan puasa pertama pada Senin depan.

Baca juga: Soal Pembangunan Stadion Utama, Menteri Suharso Dorong Pemprov Sumbar Jalin Kerja Sama dengan Swasta

“Di Sumbar, ada sekitar 2.500 jemaah. Tersebar di Payakumbuh, Pasaman, Pasaman Barat, Kabupaten Solok, Solok Selatan, Pesisir Selatan, dan Kota Padang. Puasa pertama Senin depan,” sampainya. [rna]

Baca berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist