Soal Pembangunan Stadion Utama, Menteri Suharso Dorong Pemprov Sumbar Jalin Kerja Sama dengan Swasta

Berita Padang Pariaman hari ini dan berita Sumbar hari ini: Menteri PPN mengapresiasi pembangunan stadion utama Sumatra Barat (Sumbar).

Parit Malintang, Padangkita.com – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa, mengapresiasi pembangunan Stadion Utama Sumatra Barat (Sumbar) di Sikabu, Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman.

Dimulai sejak 2015, progres pembangunan fisik Stadion Utama Sumbar saat ini mencapai 40 persen. Stadion Utama Sumbar menjadi bagian dari Sport Centre Sumbar yang juga meliputi Stadium Aquatic, GOR multicabang olahraga, GOR Terbuka, Wisma Atlet, serta prasarana penunjang lain seperti plaza, tempat parkir, dan taman.

Menurut Suharso, pembangunan stadion ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah untuk meningkatkan prestasi olahraga, baik nasional maupun internasional.

“Bappenas sangat mengapresiasi pembangunan stadion ini, menunjukkan komitmen Pemerintah Provinsi Sumbar yang menginisiasi pembangunan stadion dengan dana APBD agar prestasi olahraga kita semakin meningkat, di tingkat nasional, bahkan internasional,” ujarnya, (8/4/2021).

Bappenas, kata Suharso, mendorong Pemerintah Provinsi Sumbar untuk menjalin kerja sama dengan pihak swasta untuk pembangunan stadion.

“Kami mendorong Pemprov untuk dapat menggalang kerja sama dengan pihak swasta melalui mekanisme Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha atau KPBU,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan peningkatan prestasi olahraga merupakan salah satu sasaran prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dan tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah 2021.

Suharso menegaskan, dalam meningkatkan prestasi olahraga, pemerintah berupaya untuk melaksanakan pembinaan olahraga usia muda di daerah dengan olahraga prestasi nasional, memfokuskan pembinaan olahraga pada cabang olahraga olimpiade hingga pra-olimpiade, menjaring potensi daerah, serta meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana olahraga.

Ke depan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, peningkatan prestasi olahraga Indonesia juga diwujudkan melalui Manajemen Talenta Nasional.

“Masyarakat diharapkan mendukung penuh pembangunan Sport Centre Sumatra Barat, memanfaatkannya, utamanya untuk pembinaan olahraga prestasi yang sejalan dengan defining victory olahraga nasional dan meningkatkan budaya olahraga masyarakat,” tutur Suharso.

Baca juga: Telah Habiskan Rp310 Miliar, Kelanjutan Pembangunan Stadion Utama Sumbar Masih Butuh Rp1,2 Miliar Lagi

Suharso melakukan kunjungan kerja di Sumbar mulai 8-10 April 2021. Di hari pertama kunjungan kerja, selain stadion, Suharso meninjau rencana pembangunan fly over Panorama I Sitinjau Lauik dan Danau Maninjau. [pkt]


Baca berita Padang Pariaman hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist