Semua Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Pasbar Jalani Tes Kesehatan di RSUP M Djamil Padang

Penulis: Ahmad Romi

Berita Pilkada Pasaman Barat terbaru dan berita Sumbar terbaru: Semua bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Pasbar menjalani tes kesehatan hari ini di Padang

Simpang Empat, Padangkita.com – Sebanyak 10 orang Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) tahun 2020 menjalani pemeriksaan kesehatan atau medical check-up di RSUP M. Djamil Padang, Selasa (8/9/2020).

Para Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Pasbar ini menjalani tes kesehatan dan tes swab sebagai salah satu syarat yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memastikan bahwa setiap Bapaslon sehat dan negatif Covid-19.

“Saat ini semua Bapaslon sudah berada di M. Djamil Padang untuk mengikuti medical check-up,” kata Kepala Sub Bagian Teknis dan Hubungan Masyarakat KPU Pasbar, Zamzami kepada Padangkita.com, Selasa (8/9/2020) pagi.

Sebelumnya, kata Zamzami, sudah ada juga calon yang tes swab secara mandiri. Namun, lanjut dia, mereka terpaksa harus menjalani tes swab ulang karena melewati batas waktu yang ditentukan.

“Bapaslon yang hasil tes swabnya keluar sebelum pendaftaran ke KPU, maka wajib untuk mengikuti tes swab ulang. Begitu juga untuk mengikuti tes medical check up, wajib tes swab terlebih dahulu,” jelasnya.

Baca Juga: Ini Profil Lima Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pasbar, Mulai dari Politisi, Polisi, Bankir Hingga Ustaz

Dari 10 orang Bapaslon yang akan mengikuti medical check-up, hanya dua orang Bapaslon yang tidak mengikuti tes swab ulang yakni Erick Hariyona-Syawal. Pasalnya, Bapaslon ini melakukan tes swab pada tanggal 4 September 2020, tepat pada hari pertama pendaftaran ke KPU.

“Selain Bapaslon tersebut, semuanya telah melakukan tes swab ulang kemarin dan hari ini seluruh Bapaslon menjalani medical check-up,” ujar Zamzami.

Saat memasuki area pemeriksaan, kata Zamzami, setiap Bapaslon harus memakai Alat Pelindung Diri (APD), minimal pakai masker dan Face Shield serta mencuci tangan. Untuk jadwal medical check-up itu sendiri, kata Zamzami, berlangsung mulai tanggal 7 – 9 September 2020.

“Kami tidak diizinkan untuk mendampingi Bapaslon, melainkan hanya mengurus administrasi dan memastikan Bapaslon hadir tepat waktu,” terangnya. Begitu juga halnya kepada tim atau pendamping dari Bapaslon itu sendiri, semuanya dibatasi sesuai protokol kesehatan Covid-19. [rom/pkt]


Baca berita Pilkada Pasaman Barat terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com