Sempat Unggul Hari Pertama, Catur Sumbar Gagal Raih Medali di Kelas Catur Kilat Perorangan

Penulis: Redaksi

Merauke, Padangkita.com – Atlet catur Sumatra Barat (Sumbar) Ruby Tamono gagal meraih medali di kelas catur kilat perorangan pria PON Papua XX 2021, setelah menjadi peringkat pertama di hari pertama.

Pelatih catur Sumbar Nurhidayat di Merauke, mengatakan Ruby Tamono hanya berhasil menduduki peringkat empat di klasemen akhir. Dari sembilan ronde yang dilakoni, Ruby menang lima kali, sekali remis dan tiga kali kalah.

Ruby kalah dari atlet Jawa Barat Arif Abdul Hafidz, Kahfi dari DIY dan Tirto dari Jawa Tengah. Hasil ini membuat Ruby Tamono meraih peringkat empat dengan poin 5,5.

Sementara peraih medali emas Arif Abdul Hafidz Jawa Barat dengan 8 poin, perak Yoseph Theolifus Taher dari Papua dan Kahfi Maulana dari DIY medali perunggu.

“Kesalahan kita karena kalah dari dua pertandingan pertama pada hari ini,” kata dia, Selasa (5/10/2021).

“Semoga di kelas berikutnya kita mampu meraih medali yakni catur cepat dan catur standar,” ulas Nurhidayat.

Sebelumnya Ruby Tamono berhasil memborong empat kemenangan dan sekali remis di hari pertama pertandingan catur yang diadakan di Hotel Swisa Bell Merauke.

Baca juga: Medali Emas Ketiga Sumbar Datang dari Binaraga, Iwan Samurai Sekaligus Hattrick

Hasil itu sempat membawa namanya menjadi peringkat satu di klasemen hari itu. Namun pada hari kedua Ruby kalah tiga kali dan menang di pertandingan terkahir ronde kesembilan melawan atlet Maluku M Ishak Rianjar. (*/pkt)

Terpopuler