Seleksi Calon Anggota Polri di Polda Sumbar Melibatkan Sejumlah Pengawas Internal dan Eksternal

Penulis: Fuadi Zikri
|
Editor: Rina Akmal

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Seleksi calon anggota Polri dilaksanakan dengan prinsip bersih, transparan, akuntabel dan humanis 

Padang, Padangkita.com – Proses seleksi anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) tahun 2021 di lingkungan Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar) akan diawasi oleh sejumlah pengawas internal dan eksternal.

Kapolda Sumbar, Irjen Toni Hermanto mengatakan, untuk pengawas internal pihaknya menggandeng Ombudsman RI Perwakilan Sumbar, dan Ikatan Dokter Indonesia Wilayah Sumbar.

Kemudian, Polda juga menggandeng Himpunan Psikologi Wilayah Sumbar, Dinas Pendidikan Sumbar, Fakultas Ilmu Keguruan (FIK) Universitas Negeri Padang, dan Kerapatan Adat Nagari Nan Salapan Suku.

“Pengawas internal Polri yaitu Itwasda dan Bidpropam,” kata Toni dalam rilisnya yang dikutip Padangkita.com, Kamis (15/4/2021).

Toni menegaskan, seleksi penerimaan calon anggota Polri dilaksanakan dengan prinsip bersih, transparan, akuntabel dan humanis yang dilakukan dengan sistem “Clean and Clear“.

“Dengan dilakukan pengawasan secara internal dan eksternal agar tercapainya tujuan seleksi Polri yang bersih, transparan, akuntabel dan humanis,”ujarnya.

Untuk mencapai tujuan itu, lanjut Toni, dilakukan penandatanganan pakta integritas antara panitia dengan seluruh peserta dan orang tua (wali) yang berlangsung pada Selasa (13/4/2021) kemarin.

Kegiatan itu dilaksanakan bertujuan untuk menyosialisasikan kepada seluruh masyarakat, bahwa penerimaan Polri dilaksanakan dengan prinsip bersih, transparan, akuntabel dan humanis.

“Pengelolaan SDM Polri harus bersih, jujur dan berkeadilan mulai dari hulu pada tahap seleksi sampai hilir saat akhir dinas. Dengan menerapkan merit sistem yang didasarkan pada kapabilitas, kompetensi, komitmen dan integritas yang tinggi,” tuturnya.

Perlu diketahui, untuk pendaftar yang terverifikasi di Polda Sumbar sebanyak 4.424 orang, yang terdiri dari 3.663 orang pria dan 761 orang wanita.

Sebanyak 3.979 orang diantaranya merupakan pendaftar Bintara Polisi Tugas Umum dengan jumlah pria sebanyak 3.220 orang dan wanita sebanyak 760 orang.

Sementara, Bintara Kompetensi Khusus terdiri dari Bintara TI sebanyak 116 orang, Bintara Bidan sebanyak 1 orang, Bintara Rekpro (Rekrutmen Pro Aktif) sebanyak 7 orang, yang diantaranya pendaftar pria sebanyak 6 orang dan wanita sebanyak 1 orang.

Baca juga: Cerita Hotel Grand Zuri Berganti Nama Jadi The Premiere Hotel dengan Gedung Tertinggi di Sumbar

Kamudian, pendaftar Tamtama Brimob sebanyak 274 orang dan Tamtama Polair sebanyak 47 orang. [rna]

Baca berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler