Selama Tahun 2022, Jalan Tol di Indonesia Bertambah 10 Ruas Sepanjang 142 Km

Penulis: Redaksi

Jakarta, Padangkita.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama mitra kerja dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terus melanjutkan pembangunan sejumlah proyek jalan tol untuk meningkatkan konektivitas.

Menurut data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, selama tahun 2022 telah dioperasikan sebanyak 10 ruas jalan tol dengan total panjang sekitar 142 km.

“Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti kawasan industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, sebagaimana dikutip Padangkita.com dari situ resmi BPJT, Sabtu (31/12/2022).

Adapun 10 ruas tol yang beroperasi sepanjang 2022 yakni, Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan Seksi 1 Cileunyi – Pamulihan sepanjang 11,4 km yang dioperasikan pada Januari 2022.

Beroperasinya ruas Tol Seksi Cileunyi – Pamulihan telah dirasakan masyarakat, khususnya warga Bandung yang hendak menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Dari Cileunyi – Pamulihan atau sebaliknya yang biasa membutuhkan sekitar 60 menit via Jalan Raya Bandung – Cirebon menjadi sekitar 15 menit.

Pada Februari 2022 telah dioperasikan 2 ruas jalan tol yakni Jalan Tol Binjai – Langsa Seksi 1 Binjai – Stabat sepanjang 11,8 km dan Jalan Tol Manado – Bitung ruas Danowudu – Bitung sepanjang 13,425 km.

Ruas Tol Binjai Stabat merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yang akan menguhubungkan Provinsi Aceh dan Sumatra Utara (Sumut). Sementara ruas Tol Danowudu – Bitung akan meningkatkan konektivitas di Sulawesi Utara, khususnya mempermudah mobilitas barang dan orang dari Manado ke Bitung, termasuk dari Manado menuju Pelabuhan Internasional Bitung dan Likupang.

Baca juga: Teknologi dan Inovasi yang Diterapkan di Jalan Tol Padang – Sicincin Bawa HKI Juara 1 di Indonesia

Selanjutnya, pada Maret 2022 telah dioperasikan Jalan Tol Sigli – Banda Aceh Seksi 2 Seulimeum – Jantho sepanjang 6,35 km. Ruas tol ini merupakan salah satu backbone (ruas utama) Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yang menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di Aceh. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist