Selain Menanam, Wali Kota se-Indonesia Bakal Disuguhi Katan Durian saat Rakernas Apeksi XV di Padang

Penulis: Isran Bastian

Padang, Padangkita.com – Siapa yang tak tahu durian, si rajanya buah. Biji tumbuhan tropis yang digilai banyak orang itu bakal ditanam saat Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) XV di Kota Padang, bulan Agustus mendatang.

“Selain menanam bibitnya di Padang, para wali kota se-Indonesia juga bakal disuguhi katan durian,” ungkap Wali Kota Padang, Hendri Septa dalam keterangan resminya, Rabu (29/6/2022).

Katan atau ketan oleh masyarakat Sumbar memang kerap dijadikan pelengkap saat menyantap durian. Biasanya, ketan bakal juga dibubuhi kelapa parut muda.

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial Kamat juga membenarkan hal tersebut. Kata dia, wali kota seluruh peserta Rakernas Apeksi nantinya akan menanam bibit pohon durian di Sungai Lareh (kawasan Kantor Dinas Pertanian).

“Penanaman dilakukan pada hari kedua, tanggal 8 Agustus,” sebutnya.

Setelah dilakukan penanaman bibit durian, seluruh wali kota juga disuguhi “katan durian”. Wali Kota langsung merasakan bagaimana lezatnya durian Sumatera Barat beserta katan.

“Wali Kota beserta istri akan duduk bersila di atas ‘lapiak’ (tikar) sambil menikmati ‘katan durian’,” sebutnya.

Di sisi lain Syahrial Kamat menyebut, sebanyak 105 bibit durian sudah disiapkan untuk nantinya ditanam oleh seluruh wali kota. Masing-masing bibit akan dinamai sesuai nama wali kota yang menanamnya. Diprediksi durian tersebut akan berbuah sekitar dua hingga tiga tahun mendatang.

Baca Juga: Daftar Agenda Rakernas Apeksi XV di Kota Padang, Bakal Dibuka Presiden Jokowi

“Nanti ketika sudah panen, duriannya akan kita kirim ke masing-masing daerah,” sebut Kadis Pertanian. [*/isr]

Terpopuler

Add New Playlist