Sejak Ada Jalan Tol, Lampung – Palembang Cuma Butuh Waktu 3,5 Jam Saja

Penulis: Redaksi

Lampung, Padangkita.com – Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) telah dimanfaatkan masyarakat untuk mudik Lebaran Idulfitri 1443H/2022 ke berbagai wilayah di Sumatra.

Sejauh ini sejumlah ruas JTTS dari Lampung hingga ke Palembang serta di beberapa wilayah sudah beroperasi dan difungsionalkan hanya untuk dukungan kelancaran lalu lintas Lebaran.

Sebelum adanya jalan tol, perjalanan dari Lampung ke Palembang butuh waktu 12 jam dengan menggunakan jalan lintas Sumatra (Jalinsum).

Namun saat ini perjalanan dari Lampung hingga Palembang bisa ditempuh lebih cepat dengan waktu perjalanan 3,5 jam hingga 4 jam saja. Sehingga dapat membantu pemudik dengan mudah dan semakin cepat menuju kampung halaman ke Palembang dan sekitarnya.

“Kehadiran jalan tol ini tentunya sangat bermanfaat, apalagi di masa seperti mudik Lebaran ini. Dengan adanya JTTS perjalanan menuju lokasi dari Pulau Jawa ke Sumatra dan sebaliknya dapat semakin cepat juga menghemat waktu dibandingkan dengan melewati jalan arteri,” ujar salah seorang pemudik yang melintas di Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar.

Dari Lampung, kendaraan melintasi ruas Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar sepanjang 140 km, kemudian menyambung ke ruas tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 189 km, dilanjutkan ke ruas Kayu Agung – Kramasan sepanjang 42,5 km di Palembang.

Dengan demikian Provinsi Lampung semakin terkoneksi dekat dengan Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) dan semakin menghemat waktu tempuh hingga 75%. Efisiensi tersebut semakin memberikan kontribusi efisiensi waktu di perjalanan perjalanan dan bahan bakar kendaraan yang digunakan.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkap hingga saat ini, 691 km ruas jalan tol telah beroperasi, dan 481 km sedang dalam tahap konstruksi. Saat ini juga terdapat dua ruas Jalan Tol Trans Sumatra yang difungsionalkan untuk melayani arus mudik lebaran, yakni Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang (31 km) dan Jalan Tol Bengkulu – Taba Penanjung (17,6 km) yang diperuntukkan khusus bagi kendaraan kecil atau Golongan I.

Baca juga: Jalan Tol Trans Sumatra Laris Manis Dipakai Pemudik, Ini Rincian Jumlah Kendaraan

Sepanjang ruas Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar juga terdapat 12 TIP atau rest area untuk jalur A dan Jalur B, dan ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung juga terdapat 12 TIP untuk jalur A dan B, serta tambahan toilet sementara sebanyak 50 toilet. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist