Sehektare Lahan Sawit di Palembanyan Agam Terbakar

Penulis: Ramono Aryo

Berita Agam terbaru dan berita Sumbar terbaru: Lahan perkebunan sawit di  Palembayan, Kabupaten Agam terbakar

Lubuk Basung, Padangkita.com – Lahan perkebunan sawit di di Alahan Jambu, Jorong Tapian Kandih, Nagari Persiapan Salareh Aia Barat, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam terbakar, Minggu (21/2/2021).

Personel Pemadam Kebakaran (Damkar) Agam, Anton Asmara mengatakan lahan sawit yang terbakar diperkirakan seluas satu hektare.

“Kebakaran akibat pemilik lahan yang membakar pohon sawit yang sudah mati dan akan ditanami bibit baru. Namun karena angin kencang api kemudian menyebar ke pohon-pohon yang lain,” katanya.

Menurutnya, pemilik lahan berupaya untuk memadamkan api dibantu oleh masyarakat sekitar namun usaha tersebut gagal.

“Pemilik kebun berusaha memadamkan api yang dibantu warga setempat, menggunakan alat seadanya tapi tidak berhasil,” ujarnya.

Upaya pemadaman ini juga mendapat bantuan dari pemadam api darurat milik PT. AMP, tapi belum efektif sehingga datang bantuan dari Damkar Agam dengan empat unit armada bersama tim lainnya.

“Sekitar pukul 14.00 WIB api sudah berhasil dipadamkan,” sebut Anton.

Dijelaskannya, pohon kelapa sawit milik Siih terbakar sebanyak 30 batang, sedangkan milik Edi yang juga saksi 10 batang, dengan kerugian diperkirakan sebesar Rp10 juta dan tidak ada korban jiwa.

Dalam upaya pemadaman ini, selain Damkar Agam juga dilakukan bersama BPBD Agam, yang dibantu satu unit armada Damkar Padang Pariaman, PMI, Polsek, dan masyarakat. [*/abe]


Baca berita Agam terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist