Segera Mengaspal di Indonesia Nih Bos! Karoseri Tentrem Bawa Bus Mewah Standar Eropa di GIIAS 2022

Penulis: Isran Bastian

Jakarta, Padangkita.com – Penumpang bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) di Indonesia makin dimanjakan oleh para Perusahaan Otobus (PO) belakangan ini, terutama untuk bus-bus Jawa – Sumatra.

Saat ini memang, kompetisi PO-PO dalam meningkatkan pelayanan prima kepada para penumpang memang makin kentara. Hal ini tergambar dari banyaknya bus-bus mewah model terbaru yang dibawa para perusahaan karoseri atau industri yang membuat badan kendaraan.

Terbaru seperti yang ditampilkan di gelaran pameran otomotif terbesar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Di antaranya ada Bus Avante H8 yang diproduksi Karoseri Tentrem Malang.

Untuk diketahui, bus yang ditampilkan dalam gelaran GIIAS 2022 ini merupakan bus-bus dengan fasilitas mewah dan fitur canggih di dalamnya.

“Bus ini seperti Avante H8 pada umumnya, tampil dengan double glass, memiliki bentuk depan yang tampan dan juga jenong, sehingga seolah-olah bus ini setara dengan bus-bus Eropa,” ujar Taufik RS, salah satu YouTuber yang hadir pada GIIAS 2022 dalam video terbarunya, dilihat Padangkita.com, Jumat (23/9/2022).

Penampakan Bus Avante H8 yang diproduksi Karoseri Tentrem Malang pada pameran GIIAS 2022. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Taufik RS]
Taufik membeberkan, Avante H8 Tentrem ini dibangun di atas chasis Mercedes Benz OH 1626 automatic asal Jerman. Di bagian samping terlihat tulisan ‘Grand Seigneur’ yang diambil dari bahasa Francis, yang berarti bangsawan.

Pada bagian belakangnya terlihat sama seperti Avante H8 yang sebelumnya sudah dibuat oleh Karoseri Tentrem. Sedangkan untuk bagian interiornya, terlihat dasbor Mercedes Benz OH 1626 pada umumnya.

“Nah ini ni yang saya suka dari double glass Karoseri Tentrem Malang di tipe bus avante ini. Di mana pandangan ke depan itu terbilang cukup luas dan juga pilar horizontal pemisah kaca bagian atas dan bawah itu terbilang cukup tipis,” tambah Taufik.

Sementara untuk bagian belakang, terlihat kabin penumpang yang sangat mewah terdiri dari 12 jok kulit yang berkualitas premium dengan konfigurasi 2 – 1. Jok tersebut dibuat oleh perusahaan Rimba Kencana dengan pilihan paling premium.

Untuk masing-masing kursinya telah dilengkapi dengan lakers atau sandaran kaki. Selain itu terdapat juga tempat menaruh air minum atau cup holder, yang tentunya menambah komplitnya deretan fasilitas di dalamnya.

“Tak ketinggalan, di tiap bangkunya ada port USB yang bisa mengisi daya smartphone kalian. Dan tidak lupa juga sudah dilengkapi dengan seat belt untuk keamanan,” ujarnya.

Selain itu, di masing-masing kursi juga dilengkapi dengan layar monitor untuk layanan hiburan bagi penumpang,mulai dari mendengar musik hingga menonton.

“Wah ini busnya mewah banget gais,” tutur dia.

Baca Juga: Saingan Berat Bus Legendaris Nih! Viral, MPM Bakal Pakai Bus SR3 Panorama

Bergeser ke bagian belakang lagi, terdapat dapur berukuran mini yang disediakan bagi penumpang yang memang ingin memasak, dan sudah terdapat kompor listrik.

Penampakan ruangan khusus atau VIP di Bus Avante H8 yang diproduksi Karoseri Tentrem Malang pada pameran GIIAS 2022. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Taufik RS]
Lebih ke belakang lagi, di bus ini juga tersedia ruangan pribadi dengan. Ruangan ini bisa dinikmati penumpang yang ingin mendapatkan privasi ataupun berkaraoke. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist