Segera Dilantik Sebagai Sekdaprov Sumbar, Ini Sosok Hansastri di Mata Mahyeldi

Padang, Padangkita.com – Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah akan segera melantik Hansastri sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumbar. Hal tersebut sesuai dengan arahan dari Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg).

“Kita secepatnya (melantik). Karena memang pesan dari Mensesneg harus segera. Tapi juga ada yang harus kita penuhi dari Kemendagri. Kalau izin dari Kemendagri sudah clear, maka itu bisa dilaksanakan segera,” ujar Mahyeldi saat ditemui wartawan di Bandara Internasional Minangkabau, Kabupaten Padang Pariaman, Selasa (10/8/2021).

Dia mengungkapkan Sekda Sumbar merupakan sosok yang dibutuhkan untuk membantu kinerja Gubernur dan Wakil Gubernur di pemerintahan. Sekda dibutuhkan untuk mengingatkan Gubernur agar tidak melanggar peraturan dalam menjalankan pemerintahan sendiri.

“Hansastri saya kira orangnya dia bisa memahami teman-teman. Dan itu terbukti dia yang menjadi yang terbaik. Sumbar menjadi yang terbaik dalam perencanaan pembangunan daerah di nasional. Ini merupakan prestasi sehingga memang keunggulan seperti itu menjadi pertimbangan,” jelas Mahyeldi.

Sebelumnya diberitakan Hansastri yang sekarang masih menjabat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumbar, resmi ditetapkan sebagai Sekdaprov Sumbar.

Keputusan Presiden (Keppres) yang ditandatangani Joko Widodo terkait penetapan Hansastri sebagai Sekdaprov Sumbar tersebut sudah terbit pada 5 Agustus 2021 dan telah diterima Mendagri.

 Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Calon Sekda Sumbar yang juga Staf Ahli Mendagri Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Hamdani mengatakan, dengan keluarnya Keppres tersebut, pelantikan Hansastri bisa segera dilakukan.

Baca juga: Presiden Tetapkan Hansastri Jadi Sekdaprov Sumbar, Hamdani: Segera Lakukan Pelantikan

“Pelantikan itu kan agenda Gubernur. Mudah-mudahan sebelum tanggal 17 Agustus 2021 ini sudah dilantik. Harapannya begitu,” ujar Hamdani saat dihubungi Padangkita.com via telepon. [fru/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist