Sandiaga Uno Resmikan Kampuang Minang sebagai 50 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Penulis: Zulfikar Efendi

Batusangkar, Padangkita.com – Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno meresmikan Kampuang Minang di Nagari Sumpur, Kecamatan Batipuh Selatan sebagai 50 desa wisata terbaik di Indonesia, Sabtu (28/8/2021).

Kedatangan Sandiaga Uno ke Kampuang Minang itu juga ditemani istrinya, Nur Asia.

“Dari empat desa atau nagari di Sumbar yang masuk menjadi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, hanya ke kampuang Minang Nagari Sumpur inilah Saya ditemani mpok Nur, istri tercinta,” ujar Sandiaga Uno.

Menurut Sandiga, dari berbagai potensi wisata budaya, kuliner dan lainnya, harus disejalankan dengan UMKM, sehingga pariwisita maju usaha masyarakat pun maju.

“Dengan keberagaman keunggulan yang tadi disampaikan ketua Pokdarwis dan Wali Nagari Sumpur, tentunya ini, ketika dimaksimalkan akan menjadi perbaikan ekonomi masyararakat, sesuai tujuan ADWI untuk memotivasi desa menjadi lebih baik dan memiliki daya saing tinggi, sehingga ADWI juga bisa dikatakan menjadi simbol kebangkitan ekonomi kita,” ungkap Sandiaga.

Lebih lanjut, dijelaskan Sandiaga, Menparekraf juga berharap agar program Desa Wisata menjadi salah satu program unggulan, termasuk di Tanah Datar.

Baca juga: Sandiaga Uno: Juara LIDA 2021 Iqhbal Pelaku Ekonomi yang Harus Didukung Bersama

“Dari 50 yang terpilih dalam ADWI, empat desa atau nagari berasal dari Sumbar dan ini terbanyak di Indonesia, ini menunjukkan betapa seriusnya daerah, pengelola dan masyarakat di Sumbar untuk mengembangkan sektor pariwisata,” katanya. [*/zfk]


Terpopuler