Sambut Ramadan, Masyarakat Nagari Painan Adakan Balimau Paga di Pantai Carocok

Penulis: Redaksi

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Balimau Paga, tradisi memasuki bulan suci Ramadan di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Painan, Padangkita.com –  Di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) ada tradisi setiap akan memasuki bulan suci Ramadan. Tradisi yang sudah sejak lama dilakukan masyarakat tiap tahun ini adalah “Balimau Paga”.

Makna yang diyakini masyarakat pada pelaksanaan tradisi “Balimau Paga” adalah sebagai wujud pensucian diri untuk memasuki bulan suci Ramadan agar ibadah puasa dapat berjalan dengan baik dan mendapat rahmat dari Allah.

Pada tahun 2021 Masehi atau 1442 Hijriah ini,  kegiatan ‘Balimau Paga’ kembali dilaksanakan oleh masyarakat Nagari Painan, Kecamatan IV Jurai, Minggu (11/4/2021).

Prosesi diawali dari kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Painan, yang terletak di Jalan H. Ilyas Yakub. Kemudian, rombongan berjalan kaki menuju Masjid Terapung Samudera Ilahi untuk melaksanakan salat berjemaah.

Puncak prosesi ‘Balimau Paga’ dilaksanakan di pentas utama Pantai Carocok Painan. Acara yang penuh prosesi adat tersebut, juga diisi dengan ceramah agama yang disampaikan ustaz  Amri Syam.

Kegiatan ini dihadiri oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Emirda Ziswati. Dia menyampaikan agar tradisi yang telah berlangsung sejak lama itu, dapat diambil hikmah positifnya.

Katanya, prosesi adat ‘Balimau Paga’ merupakan tradisi yang mengajarkan manusia untuk membersihkan diri sebelum memasuki bulan Ramadan. Lebih dari itu, adanya rasa saling memaafkan antar-sesama dan bertobat kepada sang Pencipta.

“Mari kita jadikan acara ‘Balimau Paga’ untuk saling memaafkan antar-sesama manusia dan bertobat kepada Allah atas kesalahan kita,” kata Ermida.

Di samping itu, Emirda mengutarakan, perlunya upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah di bulan Ramadan.

Pj Sekda yang baru dilantik ini juga mengajak masyarakat untuk melaksanakan puasa dan salat tarawih di masjid dan musala dengan mematuhi protokol kesehatan. Hal ini penting, karena pandemi Covid -19 masih belum berakhir.

“Mari kita tetap menjaga protokol kesehatan, seperti pakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan,” ingatnya.

Kegiatan ‘Balimau Paga’ tersebut, juga diikuti oleh Ketua Kerapatan Adat  Nagari (KAN) Painan, Syafrizal Datuak Nan Batuah, pengurus KAN, serta Ninik Mamak, Bundo Kanduang, Alim Ulama, Pemuda, Wali Nagari Painan, dan masyarakat Painan. [nik/pkt]


Baca berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler