RSUP M Djamil Ungkap Pasien Asal Limapuluh Kota yang Kulit Melepuh Diduga Usai Divaksin Menderita Psoriasis

Padang, Padangkita.com – Rumah Sakit Umum Pusat M Djamil Kota Padang menyampaikan pasien yang kulitnya melepuh diduga usai divaksin ternyata memiliki riwayat penyakit psoriasis.

Meski demikian, pihak rumah sakit belum bisa memastikan apakah kambuhnya penyakit psoriasis pasien tersebut disebabkan karena vaksin atau tidak.

Sebagai informasi, pasien dengan nama Febri Yulianti, 29 tahun itu dirawat di RSUP M Djamil Padang sejak Jumat (18/2/2022) lalu. Kulitnya melepuh diduga usai menjalani vaksinasi di Kabupaten Limapuluh Kota pada Jumat (11/2/2022).

Ketua Komisariat Daerah KIPI Sumatra Barat, Dokter Raveinal mengatakan, pihaknya belum bisa menjelaskan apakah penyakit psoriasis yang diderita oleh Febri disebabkan oleh vaksinasi Covid-19.

“Karena psoriasis disebabkan oleh berbagai faktor seperti gaya hidup, pola makan, stres, termasuk vaksin,” ujarnya saat konferensi pers di RSUP M Djamil Padang, Selasa (22/2/2022).

Dia menuturkan, pemerintah akan mengobati apa pun kejadian pasca-vaksinasi yang dialami pasien.

“Apa pun kejadian pasca-vaksinasi, pasien wajib diobati. Tetapi tidak semua penyakit bisa disembuhkan dengan cepat. Ada yang melalui proses yang sangat cepat, dan ada penyakit yang diobati dengan jangka waktu yang lama,” ungkapnya.

Sementara itu, dokter penanggung-jawab pasien Febri, Dokter Gardenia Akhyar mengatakan, pasien penyakit jenis psoriasis boleh dilakukan vaksinasi melalui pengawasan dokter.

Dia menuturkan, pasien yang bersangkutan bisa menjalani pengobatan lanjutan di rumah sakit asal di Kabupaten Limapuluh Kota.

Untuk pasien Febri, pengobatan lanjutan bisa dilakukan di rumah sakit asal pasien di Kabupaten Limapuluh Kota.

Hal senada juga diungkapkan oleh anggota tim yang lain, Dokter Qaira Anum. Menurutnya, pasien dapat melanjutkan pengobatan di rumah sakit asal saat diperbolehkan pulang dari RSUP M Djamil Padang.

Baca Juga: Anak Sakit Mata Diberi Obat Tetes Telinga Oleh Puskesmas di Kota Padang, Terancam Cacat Permanen

“Sebelumnya pasien telah melakukan kontrol di Poliklinik RSUP M Djamil Padang. Pada saat ini, bercak merah di diderita pasien mulai membaik setelah mendapat penanganan dari tim RSUP M Djamil Padang. Menurut pasien menderita penyakit ini sejak delapan tahun yang lalu,” terangnya. [fru]

Terpopuler

Add New Playlist