Rp10 Miliar Lebih BLT BBM Mulai Disalurkan di Kota Padang, Warga: Semua Serba Naik Sekarang, Alhamdulillah Bisa Dapat

Padang, Padangkita.com – Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kota Padang mulai disalurkan pada hari ini, Kamis (15/9/2022).

Penyaluran BLT tersebut dilakukan di empat lokasi, salah satunya di Kantor Pos Jalan Bagindo Aziz Chan dekat Lapangan Imam Bonjol, Padang. Warga mulai berdatangan di kantor pos tersebut sejak pagi.

Pantauan Padangkita.com, siang, warga yang didominasi emak-emak tampak berdesakan berebut nomor antrian untuk mengambil BLT.

Salah seorang warga Kecamatan Padang Barat, Yusnimar mengatakan, dia mengantri sekitar setengah jam untuk mendapatkan nomor antrian itu karena memang butuh BLT BBM.

Dia merupakan seorang ibu rumah tangga, sedangkan suaminya adalah pekerja lepas. Kenaikan harga BBM membuat kehidupan sehari-harinya terdampak.

“Ya, namanya keluarga kecil tentu keadaan kayak gini gimana tidak butuh orang kan. Semua serba naik. Saya mau berdesak-desak, asal dapat BLT BBM,” ujarnya saat ditemui Padangkita.com.

Yusnimar menuturkan, uang bantuan yang didapatkan akan digunakan untuk membeli sembako seperti beras dan minyak. Dia pun bersyukur bisa dapat BLT BBM.

“Uang ini digunakan untuk membeli kebutuhan rumah tangga. Karena sekarang serba mahal, serba naik. Tapi, alhamdullilah lah bisa dapat ini,” ungkapnya.

Masih Tahap I, Tahap II Disalurkan November

Deputi Eksekutif General Manager Kantor Pos Padang, Lukman Pangaribuan mengatakan, ada 35.563 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Padang yang mendapatkan BLT BBM.

“Ini baru tahap I. Masing-masing KPM mendapatkan Rp300.000. Pada tahap I ini, BLT BBM yang kita bayarkan untuk dua bulan, yakni September dan Oktober,” jelasnya saat ditemui Padangkita.com di Kantor Pos Jalan Bagindo Aziz Chan.

Jika ditotalkan, maka besar BLT BBM yang disalurkan untuk warga Kota Padang pada tahap I ini mencapai Rp10,69 miliar.

Selain di Kantor Pos Jalan Bagindo Aziz Chan, penyaluran BLT juga dilakukan di Kantor Pos Jalan Khatib Sulaiman, Kantor Pos Bungus, dan Kantor Pos Indarung.

Lukman menjelaskan, Kantor Pos Jalan Bagindo Aziz Chan melayani masyarakat penerima dari Padang Barat, Padang Timur, Padang Utara, Padang Selatan, Kuranji, Pauh, dan Lubuk Begalung.

Lalu, Kantor Pos Jalan Khatib Sulaiman melayani KPM dari Koto Tangah. Kemudian, Kantor Pos Bungus melayani masyarakat penerima dari Bungus Teluk Kabung. Selanjutnya, Kantor Pos Indarung melayani warga dari Lubuk Kilangan.

Warga yang telah terdata sebagai penerima BLT BBM bisa mendatangi kantor pos yang telah ditentukan. Pihaknya melayani mulai 08.00 – 17.00 WIB.

Penyaluran BLT BBM diusahakan selesai selama empat hari yakni mulai hari ini hingga Minggu (18/9/2022) mendatang. Namun, jika tidak selesai, KPM masih bisa mengambil BLT BBM di kantor pos.

Pihaknya siap melayani hingga Kementerian Sosial RI memerintahkan untuk berhenti dan mengembalikan dana yang masih tersedia.

Kantor Pos Padang juga memberikan kemudahan bagi KPM yang jompo, difabel, ibu menyusui atau melahirkan, yakni tidak perlu datang ke kantor pos. Mereka bisa menghubungi nomor kontak kantor pos yang telah disediakan, nanti pihaknya akan mengantarkan BLT BBM langsung ke rumah yang bersangkutan.

“Sementara, untuk tahap II akan kita salurkan pada November nanti. Besarnya Rp300.000 juga. BLT BBM itu untuk dua bulan juga, yakni November dan Desember,” ungkapnya.

Penerima Terdaftar di TDKS

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Padang, Ances Kurniawan sebelumnya mengatakan, puluhan ribu warga Kota Padang yang menerima BLT BBM telah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Mereka dari keluarga Program Keluarga Harapan dan penerima Bantuan Non-tunai. Syaratnya telah terdaftar dalam DTKS,” jelasnya saat dihubungi Padangkita.com via telepon, Selasa (6/9/2022).

Dia menuturkan, data warga Kota Padang yang masuk ke dalam DTKS tersebut sudah ada dan telah ditentukan oleh pemerintah pusat.

Baca Juga: Siap-siap! 35.716 Warga Kota Padang Bakal Terima BLT BBM

Lebih lanjut, dia menerangkan, BLT BBM merupakan subsidi dari pemerintah untuk membantu masyarakat miskin. Dia berharap, dengan penyaluran bantuan ini, masyarakat yang terdampak kenaikan harga BBM bisa terbantu. [fru]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist