Siap-siap! 35.716 Warga Kota Padang Bakal Terima BLT BBM

Padang, Padangkita.com – Sebanyak 35.716 orang warga Kota Padang bakal menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM).

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Padang, Ances Kurniawan mengatakan, pemberian bantuan bertujuan untuk meringankan beban warga yang terdampak kenaikan harga BBM.

“Ada 35.716 warga Kota Padang yang bakal menerima BLT BBM sebagai kompensasi atas kenaikan harga BBM,” ujarnya saat dihubungi Padangkita.com via telepon, Selasa (6/9/2022).

Menurutnya, puluhan ribu warga yang bakal menerima bantuan tersebut telah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Mereka dari keluarga Program Keluarga Harapan dan penerima Bantuan Non-tunai. Syaratnya telah terdaftar dalam DTKS,” jelasnya.

Dia menuturkan, data warga Kota Padang yang masuk ke dalam DTKS tersebut sudah ada. Data penerima BLT BBM tersebut telah ditentukan oleh pemerintah pusat.

Pihaknya akan menyalurkan bantuan tersebut lewat kantor pos di Kota Padang. Masyarakat yang menjadi penerima BLT bisa mendatangi kantor pos yang telah ditentukan.

“Penyaluran akan dilakukan mulai bulan ini. Kita masih merapatkan teknis penyalurannya. Kita masih tunggu jadwal dari pemerintah pusat,” sebut Ances.

Lebih lanjut, dia menerangkan, BLT BBM merupakan subsidi dari pemerintah untuk membantu masyarakat miskin. Dia berharap, dengan penyaluran bantuan ini, masyarakat yang terdampak kenaikan harga BBM bisa terbantu.

Baca Juga: Ada Bansos Rp24,17 Triliun Usai Kenaikan Harga BBM, Ini Jenis dan Kriteria Penerimanya

Sebelumnya diberitakan, pemerintah pusat mengalokasikan anggaran untuk BLT BBM sebagai salah satu bentuk pengalihan subsidi BBM. Bantuan tersebut sebesar Rp600.000 ditujukan kepada penerima yang sudah terdaftar DTKS. [fru]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist