Rida Ananda Resmi Jadi Penjabat Wako Payakumbuh, Ini Harapan Gubernur Mahyeldi

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah melantik dan mengambil sumpah jabatan Rida Ananda, sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, di Auditorium Gubernuran Sumbar, Jumat (23/9/2022).

Rida yang juga Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Payakumbuh menggantikan Riza Falepi yang habis masa jabatannya sebagai Wali Kota pada 23 September 2022.

Pada kesempatan itu, sekaligus juga dilaksanakan pelantikan Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kota Payakumbuh Ny. Elfriza Rida oleh Ketua TP PKK Sumbar, Ny. Harneli Mahyeldi.

Beberapa kepala daerah, wakil kepala daerah dan kepala OPD terlihat hadir dalam pelantikan tersebut. Selain itu, juga ada Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Rezka Oktoberia, Kapolres Payakumbuh, AKBP Alex Prawira serta Dandim 0306/50 Kota, Letkol Inf Moch. Denny.

Gubernur Mahyeldi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas lima tahun kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota periode sebelumnya 2017 – 2022 Riza Falepi dan Erwin Yunaz yang telah memberikan kontribusi luar biasa bagi pembangunan Payakumbuh.

“Kita bisa saksikan Kota Payakumbuh merupakan kota utama di Sumbar dengan banyak prestasi, seperti pelayanan perizinan yang telah diakui oleh Kementerian Investasi/BPKM serta penataan wilayah menjadi indah dan lebih bersih,” ungkap Mahyeldi.

Orang nomor satu di Sumbar tersebut juga memuji Kota Payakumbuh sebagai kota layak anak, serta pembangunan infrasturktur yang sangat pesat. Pada tahun 2021 Kota Payakumbuh masuk empat besar kota di Indonesia yang mempunyai pelayanan kinerja publik terbaik. Untuk wilayah Sumatra, kualitas layanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) untuk Kota Payakumbuh belum ada tandingannya.

“Kualitas pelayanan publik di kota ini dipastikan transparan dan terukur serta tidak ada lagi pungut-memungut biaya. Ini tentu patut untuk menjadi kebanggaan, bagi semua aparatur dan tentunya masyarakat,” ujar Mahyeldi.

Gubernur berpesan kepada Rida Ananda, Pj Wali Kota Payakumbuh yang baru dilantik untuk meneruskan dan menyukseskan prestasi dan pembangunan Kota Payakumbuh selama periode jabatannya.

Harapan juga disampaikan Riza Falepi. Menurut Riza, selama ini Rida Ananda sudah dikenal masyarakat Payakumbuh sebagai pejabat yang mengayomi dan komunikatif.

“Saudara Rida Ananda adalah ASN dan birokrat senior di Payakumbuh. Ia dulu pernah jadi Camat, Kepala Bappedda, hingga Kepala Dinas di berbagai OPD Kota Payakumbuh pernah ia jajal, mudah-mudahan pilihan Mendagri tidak salah, Insya Allah,” ujar Riza.

Baca juga: Mendagri Tunjuk Sekda Rida Ananda Jadi Pj Wali Kota Payakumbuh

Pada kesempatan itu, Riza juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang memberikan dukungan selama ia memimpin Kota Payakumbuh dua periode. [*/pkt]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist