Resmi Dibuka Gubernur Mahyeldi di UNP, POMProv Sumbar Ajang Persiapan POMNas

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah membuka secara resmi Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi (POMProv) Sumbar 2022 di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Senin (6/6/2022).

Dalam sambutannya, Gubernur Mahyeldi menyatakan mendukung diselenggarakannya POMProv yang untuk pertama kali diadakan di Sumbar. Menurut Mahyeldi, perhelatan olahraga ini akan menumbuhkan semangat dan gairah peningkatan prestasi olahraga di Sumbar.

“Pemprov Sumbar sangat mendukung kegiatan olahraga di Sumbar yang akan ikut mendorong kemajuan daerah. Kuncinya kolaborasi dan sinergi. Apalagi POMProv ini juga menjadi persiapan Sumbar sebagai tuan rumah POMNas yang akan mendorong peningkatkan prestasi olahraga di Sumbar,” ujar Mahyeldi.

Pekan olahraga mahasiswa ini diselenggarakan sebagai ajang seleksi POMNas yang akan diselenggarakan di Sumbar, November tahun ini juga. Mahyeldi menyatakan Pemprov Sumbar bersama dengan DPRD akan mendukung kesuksesan penyelenggaraan POMProv yang berlangsung hingga 12 Juni.

Wakil Ketua DPRD Sumbar Suwirpen Suib, juga menyampaikan hal senada. Menurutnya, DPRD sangat mendukung POMProv yang untuk pertama kalinya digelar di Sumbar. Suwirpen berharap, setelah POMProv usai, jangan usai pula kegiatan pengembangan olahraga di kalangan mahasiswa.

Bahkan jika perlu, kata dia, terus dikembangkan melalui kegiatan kemahasiswaan hingga ke tingkat nagari agar masyarakat semakin sadar akan olahraga demi kesehatan.

Rektor UNP Prof. Ganefri menyampaikan arti penting POMProv sebagai ajang seleksi POMNas. Sedikitnya 10 ribu orang yang terdiri dari atlet, official dan tim pendukung dari 34 provinsi, akan berkumpul di Sumbar pada perhelatan POMNas nanti.

“POMNas ajang bergengsi yang akan membawa nama daerah, nama Sumbar, tidak ada lagi nama perguruan tinggi. Karena itu kita butuh persiapan dan harus sukses sebagai tuan rumah sekaligus harus sukses dengan prestasi. Mudah-mudahan sebagai tuan rumah, Sumbar bisa masuk 5 besar, kalau bisa 3 besar. Manfaatkanlah waktu semaksimal mungkin dalam 4 bulan kedepan,” ungkap Rektor Prof Ganefri.

Ketua Badan Pekan Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) Sumbar, Hendra Syarifuddin, menyebut POMProv Sumbar dengan tema ‘Raih Prestasimu dengan Sportivitas yang Tinggi Menuju Pomnas Tahun 2022’ akan mempertandingkan 14 cabang olahraga dengan 159 nomor pertandingan.

Baca juga: Sah, Kota Padang Gantikan Tanah Datar Jadi Tuan Rumah PORPROV Sumbar 2023 

Diikuti oleh 320 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Sumbar. Ke-14 cabang olahraga itu dilaksanakan di tiga venue, yakni di UNP,  Universitas Andalas (Unand) dan Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist